Offside.co.id

Demi Timnas, PSSI Ubah Regulasi Kompetisi

Jumat 30 Juni 2017 12:53 WIB

Offside.co.id – PSSI menangguhkan regulasi memainkan tiga pemain muda U-23 sebagai starter pada Gojek Traveloka Liga 1 mulai pekan ke-12 kepada operator PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Seperti dilansir dalam halaman resmi klub Persib bahwa pihaknya menerima surat resmi bernomor 1601/UDN/916/VI-2017 tentang pemberitahuan tersebut.
Keputusan penangguhan itu mengingat telah terbentuknya Tim Nasional Indonesia U-23 untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 di Bangkok Thailand Juli ini dan SEA Games Malayasia Agustus 2017 nanti.

Seperti diketahui pelatih Timnas Luis Milla telah memanggil 26 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan terakhir di Bali 30 Juni hingga 10 Juli. Dari 26 nama sebanyak 23 pemain akan didaftarkan mengikuti Kualifikasi Piala Asia dan SEA Games Malaysia.

BACA JUGA :   Barcelona Siap Boyong Griezmann ke Nou Camp

“Penggunaan pemain U-23 ditangguhkan atau tidak diberlakukan terhitung mulai tanggal 3 Juli 2017 (Pertandingan minggu ke 12),” tulis surat yang ditandatangani Plt. Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono.

Keputusan tersebut artinya seluruh tim diperbolehkan menurunkan pemain senior tanpa adanya batasan usia seperti 11 pekan pertandingan sebelumnya.

Kendati demikian pergantian pemain yang tadinya diperbolehkan lima kali penukaran pemain, kembali merujuk kepada aturan FIFA semula yakni hanya diperbolehkan mengganti tiga pemain dalam setiap laga.

BACA JUGA :   PSSI Siapkan Pengganti Indra Sjafri

“Implementasi poin satu diikuti dengan pergantian jumlah pemain menjadi tiga kali pergantian,” lanjutnya.

Regulasi tersebut berlaku mulai pekan ke-12 yang akan dimulai pada 3 Juli 2017 hingga pekan ke-22 pada 30 Agustus mendatang, tepatnya pasca timnas U-23 menyelesaikan SEA Games 2017. Mulai pekan ke-23 hingga Liga berakhir regulasi pemain muda dan pergantian lima pemain akan kembali diberlakukan. (VP)

(Visited 70 times, 2 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo