Offside.co.id

Disodorkan 50 Nama, Indra Sjafri Tetap Ingin ‘Blusukan.’ Ada Apa?

Rabu 8 Februari 2017 10:45 WIB

Offside.co.id – PSSI memberikan target tinggi pada pelatih timnas U-19, Indra Sjafri. Induk organisasi sepak bola tertinggi di tanah air tersebut berharap timnas U-19 bisa meraup gelar juara di Piala AFF U-18 di Myanmar, September 2017.

Untuk mendukung target itu, beragam kemudahan diberikan PSSI. Salah satunya, menyediakan kurang lebih 50 daftar nama pemain yang akan ikut seleksi.

“Mudah-mudahan para pemain muda ini dapat menjadi pondasi kerangka Timnas U-19 yang dapat mengharumkan nama Indonesia,” ujar pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu seperti dilansir dari Antara.

Ada indikasi kuat, eks pelatih Bali United tersebut tak puas hanya disodorkan deretan nama pemain seleksi. Ia ingin melakukan seleksi langsung dengan cara ‘blusukan.’ Itu merupakan metode seleksi yang mendatangi langsung beberapa daerah basis pemain muda potensial. Bukan dengan cara mengundang ke Jakarta untuk diseleksi.

Seperti yang diketahui, berdasarkan pengalamannya saat membentuk timnas U-19 pada tiga tahun lalu,Indra Sjafri mencari pemain dengan cara pengamatan langsung ke penjuru tanah air. Pelatih asal Padang itu memantau pemain dari Aceh hingga beberapa pelosok tanah air. Hasilnya, ditemukan pemain-pemain berbakat yang saat itu tak diperkirakan sebelumnya. Contohnya pemain sekelas Yabes Roni yang berasal dari daerah terpencil di Alor, Nusa Tenggara Timur.

“Untuk itu semua pemain muda yang berpotensi dan memiliki kualitas permainan yang bagus dipastikan dipanggil untuk menjadi pemain timnas,” kata Indra.

Tersirat, Sekjen PSSI, Ade Wellington membenarkan jika akan ada seleksi pemain yang dipantau langsung ke daerah. “Dia akan langsung talent scouting, jadi nanti kami ke beberapa daerah untuk mencari pemain. Mungkin enam atau tujuh daerah yang akan didatangi,” kata Ade Wellington.

Lanjut Ade, kemudahan yang akan diberikan PSSI ke Indra tak hanya itu. Dalam praktiknya kelak, PSSI juga membebaskan Indra untuk menentukan sendiri tim pelatih yang akan mendampinginya. Hal tersebut dilakukan supaya Indra benar-benar merasa nyaman selama melakukan pekerjaannya. “Kami beri keluluasaan kepada beliau untuk memilih timnya. Sudah ada beberapa nama yang telah disampaikan kepada kami,” ujarnya.

(Visited 117 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni