Offside.co.id

Joko Driyono: Boleh Saja Punya Dua Klub, Asalkan…

Kamis 1 September 2016 17:12 WIB

Offside.co.id – Dalam dunia bisnis, punya banyak perusahaan itu sah-sah saja. Tak ada aturan khusus yang melarang dominasi dilakukan oleh satu kelompok atau perseorangan. Dengan kata lain, asal ada uang, jaringan, dan kekuasaan, monopoli bisa dilakukan.

Bagaimanakah dengan sepak bola? Sekali pun punya duit yang berlimpah, dominasi kepemilikan tak bisa dilakukan di ranah lapangan hijau.  Hal itu dikarenakan aturan kepemilikan sepak bola sudah jelas. Dalam regulasi FIFA disebutkan, tidak diizinkan seseorang memiliki dua klub atau lebih di level kompetisi yang sama. Pertimbangannya murni untuk menghindari adanya konflik kepentingan.

BACA JUGA :   Inggris dan Belgia Rebut Tiga Poin

Hanya saja, boleh punya dua klub atau lebih asalkan di level kompetisi yang berbeda kastanya. Khusus yang satu beda, beda pertimbangan. Diyakini tak ada konflik kepentingan.

Contohnya apa yang terjadi pada pemilik Manchester City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan. Dengan kekuatan finansialnya, miliader asal Abu Dhabi itu diisukan akan membeli klub Premier League lainnya. Di antaranya Liverpool dan Everton.

BACA JUGA :   Kolarov Antar Kemenangan Serbia

shieks al mansoue

(Visited 7.487 times, 24 visits today)
Editor: Hanif Marjuni