Offside.co.id

Dua Gol Offside, Kemenangan Arema Dipertanyakan

Senin 6 Maret 2017 17:00 WIB

Offside.co.id – Kemenangan besar Arema FC 5-2 atas Semen Padang pada leg ke-dua semifinal Piala Presiden 2017 di Stadion Kanjuruhan, kemarin (5/3) dipertanyakan. Pasalnya, terdapat dua gol Arema yang dianggap dalam posisi offside.

Hal itu diungkapkan tokoh muda Minang, Andre Rosiade yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut di Kanjuruhan.

Menurut mantan Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti era Reformasi ini, dua gol Arema seharusnya tidak sah karena berada dalam posisi offside. Namun wasit asal Jakarta, Nusur Fadilah tetap mengesahkan gol tersebut.

Pada gol pertama, pada tayangan ulang terlihat Cristian Gonzales sudah berada di belakang pemain Semen Padang.

Lalu pada gol ke-empat, Gonzales sudah ada di depan pengumpan. Andre menilai, Semen Padang jelas dirugikan.

“Ini aneh. Semen Padang selalu dirugikan setiap bermain dengan Arema di laga krusial. Entah itu di Padang ataupun di Malang. Di babak delapan besar ISL 2014, pelanggaran di kotak penalti Arema justru diabaikan wasit, dan ada beberapa kejanggalan lainnya, seolah ada mafianya,” kata Andre dikutip dari Tribun, Senin (6/3).

Lebih lanjut Andre juga mempertanyakan Iwan Budianto selaku Ketua Panpel Piala Presiden yang pada pertandingan itu duduk di bench wasit.

Menurutnya, tempat tersebut seharusnya untuk LGC, Media Officer, dan juga wasit cadangan. Kendati begitu, Andre tak ingin berprasangka buruk, namun keberadaan Iwan disebut Andre sangat tidak etis.

“Jangan sampai ini (kekalahan Semen Padang) demi rating televisi setelah tim besar lainnya, Persib Bandung, rontok di semifinal lainnya. Jadi, dikhawatirkan, jika yang main di final adalah PBFC dan Semen Padang, mereka khawatir rating rontok. Jika memang demikian adanya, ini jelas salah besar. Jangan korbankan sportifitas dengan industri,” ujarnya lagi.

Arema sendiri berhasil menang dengan agregat 5-3, dimana semua gol Singo Edan diborong oleh Gonzales. Pada laga puncak, mereka akan bertemu Pusamania Borneo FC. (BM)

(Visited 3.559 times, 6 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid