Offside.co.id

Indonesia Bukan Cuma Menang, Tapi…

Jumat 18 Agustus 2017 20:48 WIB

Offside.co.id – ALHAMDULILLAH. Itu kata yang meluncur dari 5.270 TKI yang memenuhi Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur, Kamis (17/8) malam, menyambut kemenangan tim nasional Indonesia 3-0 atas Filipina.

Ini merupakan laga kedua tim kita di babak pertama cabang sepakbola di SEA Games ke-29. Laga pertama, Hansamu Yama dan kawan-kawan melawan Thailand berbagi angka sama 1-1.

Hasil ini sangat menggembirakan kita semua, karena malam itu Hansamu Yama dan kawan-kawan bukan hanya menang telak, tapi mereka mampu menampilkan permainan dengan cantik. Pola main pendek atau main panjang, mereka terapkan dengan baik. Timnas kita unggul di semua lini.

Dengan hasil ini, harapan Hansamu cs bisa mencapai hasil lebih baik, tidaklah berlebihan.

Sia-sia

Meski hasil gembira itu bisa kita raih, namun ada saja catatan kesia-siaan yang timbul. Tiga kartu kuning seharusnya tidak perlu terjadi, tapi lantaran perbuatan sia-sia, tim jadi dirugikan.

Evan Dimas, beberapa kali berbenturan dengan lawan, jelas sekali ia menginginkan sesuatu dari wasit. Tetapi wasit Sudish Kumar Pandey justru tidak menganggapnya. Sang wasit justru memberi peringatan untuk Evan.

Puncaknya terjadi di babak kedua ketika terjadi benturan di dalam kotak penalti. Penonton bersorak saat Evan Dimas jatuh setelah benturan dengan pemain belakang lawan. Penalti! Itu harapan semua penonton, tapi wasit justru mengganjarnya dengan kartu kuning.

“Diving!” kata sang wasit usai pertandingan.

Begitu juga Hansamu yang diganjar KK tak lama setelah Evan.  Hukuman itu seharusnya tidak perlu terjadi jika saja kapten kita ini tidak melakukan protes menyusul benturan yang terjadi dengan lawan.

Begitu juga saat Muhammad Rezaldi yang di-KK-kan oleh wasit. Untuk apa ia melakukan protes saat Osvaldo Ardiles Haay dilanggar?  Untuk apa ia melakukan protes, toh wasit sudah memberikan hukuman tendang bebas?

Lebih Baik

Untuk itu, dalam laga melawan Timor Leste, Ahad (20/8), Luis Milla hendaknya mau melakukan evaluasi lebih mendalam agar hasil maksimal bisa kita capai.

Mila juga hendaknya berhati-hati dengan para penerima KK dalam laga itu agar saat bertemu Vietnam di pertarungan keempat, kekuatan penuh tetap bisa kita capai. Dan kepada para pemain pun harus lebih hati-hati agar mereka tidak lagi melakukan kesia-siaan.

Semoga saja hasil maksimal tetap bisa dicapai. Aamiin.

(Visited 492 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo