Offside.co.id

Ini Cara Instan PSSI Untuk Raih Emas Sea Games 2017

Sabtu 28 Januari 2017 10:43 WIB

Offside.co.id – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menargetkan emas di SEA Games 2017 di Malaysia dan posisi empat besar Asian Games 2018. Salah satu metode untuk menyukseskan tujuan itu, dengan cara naturalisasi pemain asing. Tak tanggung-tanggung, rencananya, ada empat sampai enam pemain untuk dinaturalisasi.

Demikian penegasan Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono. “Namun masih akan dilihat lagi, Nanti berdialog lagi dengan pelatih tim nasional,” ujar Djoko Driyono di Jakarta.

Soal jumlah pemain naturalisasi, ada kans tergantung dari kebijakan yang diinginkan pelatih nasional Luis Milla. Kebetulan, pelatih asal Spanyol itu akan bekerja pada 8 Februari 2017. Meski begitu, pemain yang dimaksud harus punya ikatan emosional dengan Indonesia.

Sah-sah saja PSSI melakukan kebijakan tersebut. Itu bukan kebijakan yang diharamkan di sepak bola internasional. Di level ASEAN, Singapura, Filipina dan Timor Leste telah melakukannya. Hasilnya, timnas negera-negara tersebut jauh lebih solid. Kebetulan Indonesia juga pernah mengikutinya.

Naturalisasi pemain muda pernah dilakukan jelang Sea Games 2013 yang lalu. Pemain keturunan Belanda-Indonesia macam Diego Michels dan Ruben Wuaranaban dinaturalisasi. Hasilnya, Merah Putih melaju hingga babak final.

(Visited 916 times, 3 visits today)
Editor: Hanif Marjuni