Offside.co.id

Ini Dia! Regulasi Baru untuk Liga 1 2017

Kamis 30 Maret 2017 01:46 WIB

Offside.co.id – PSSI akhirnya mengumumkan beberapa regulasi baru untuk Liga 1 2017.  CEO PT Liga Indonesia Baru, Risha Adi Widjaya dan Ketua Umun PSSI, Edy Rahmayadi menjelaskan nantinya ada enam hal baru dalam regulasi Liga 1 2017.

Risha membeberkan tiga regulasi baru di Liga 1 2017, yakni daftar susunan pemain (DSP), jumlah pergantian pemain dalam satu kompetisi, dan salary cup. Untuk DSP akan ada 20 pemain dari 18 pada kompetisi 2014.

“DSP yang biasanya 18 menjadi 20 karena ada peraturan pemain U-23 yang diwajibkan main dalam 45 menit pertama. Dengan mempertimbangkan segala kemungkinan maka ada tambahan dua pemain dari Timnas U-23,” kata Risha.

Untuk pergantian pemain, nantinya setiap tim boleh diizinkan melakukan lima kali dari tiga kesempatan yang biasa diterapkan. Sedangkan untuk salary cap atau pembatasan gaji pemain baru maksimal Rp 15 miliar.

Di luar beberapa aturan tersebut, ada regulasi lain yang akan diterapkan di kompetisi nantinya. Misalnya pengaturan usia pemain, tidak ada hadiah untuk pemenang, dan pemasukan sebuah klub. Khusus untuk pengaturan usia itu pemain ini terbagi menjadi dua, yakni pemain uzur dan muda. Satu tim hanya diperbolehkan menggunakan dua pemain yang usianya di atas 35 tahun. Lalu, setiap tim diwajibkan memiliki minimal lima pemain U-23. Bahkan, tiga di antaranya wajib dimainkan.

Soal tidak ada hadiah bagi pemenang ada kebijakan lain yang akan tetap menguntungkan tim juara. Pasalnya, ada tiga unsur yang mempengaruhi finansial sebuah tim. Tiga unsur itu adalah kontribusi komersial sebesar Rp 7,5 milar, peringkat tim, dan rating televisi.

“Masing-masing klub Liga 1 akan mendapat dana kontribusi komersial sebesar Rp 7,5 milar dan liga itu tanpa hadiah. Diperkirakan klub yang menang terus dan berada di peringkat satu bisa mendapat Rp 17 miliar,” jelas Edy Rahmayadi, Ketua Umum PSSI.

(Visited 271 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni