Offside.co.id

Kemenpora Peringatkan GTS Soal Kitas Pemain dan Pelatih Asing

Rabu 7 September 2016 01:39 WIB

Offside.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan peringatan kepada operator kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, PT Gelora Trsiula Semesta (GTS) perihal kartu izin tinggal terbatas atau kitas terhadap pemain dan pelatih asing yang terlibat di dalamnya. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Gatot S Dewabroto.

“Surat terkait dugaan masalah pelatih dan pemain ilegal sudah ditandatangani Pak Menteri yang tertanggal per hari ini. Intinya, pemerintah tidak ingin ada pelanggaran di ajang ISC,” kata Gatot dilansir dari Antara, Selasa (6/9).

Gatot menyatakan pentingnya pemain dan pelatih asing di kompetisi sepak bola Indonesia untuk memiliki kitas karena orang asing yang ingin bekerja di Indonesia harus mengikuti aturan yang ada. Untuk itu, pihaknya memberikan waktu selama tujuh hari dari surat peringatan diterbitkan bagi pemain dan pelatih asing untuk segeras mengurus administrasinya.

BACA JUGA :   Real Madrid Kampiun!

“Kalau satu pekan ini tidak ada jaminan dari PT GTS selaku operator, maka mereka dilarang bermain dulu,” ujar pria yang juga Kepala Komunikasi Publik Kemenpora itu.

Gatot menjelaskan, apa yang dilakukan saat ini merupakan bentuk pembinaan dan edukasi bagi semua pemain dan pelatih asing, berikut dengan klub dan pengelola kompetisi yang selama ini bersinggungan langsung dengan masalah administrasi.

Saat ditanya berapa jumlah pemain dan pelatih asing yang diduga belum memiliki Kitas, Gatot menjelaskan jika saat ini ada 30-an orang. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan data yang dimiliki oleh lembaga Save Our Soccer (SOS) yang menyebutkan ada 81 pemain dan pelatih yang belum memiliki Kitas.

BACA JUGA :   Cedera Salah Tidak Parah

“Ini adalah terguran pertama. Kami berharap PT GTS segera memberikan jaminan akan segera melengkapi Kitas pemain dan pelatih asing. Apalagi ISC ini merupakan kejuaraan yang direkomendasikan oleh Kemenpora,” kata Gatot, menegaskan.

(Visited 494 times, 2 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid