Offside.co.id

Performa Bali United Menurun, Ini Penjelasan Indra Sjafri

Rabu 17 Agustus 2016 12:01 WIB

Offside.co.id – Kekalahan Bali United atas PSM Makassar dengan skor mencolok menjadi puncak menurunnya performa Fadil Sausu cs di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Bali United gagal meraih hasil penuh dalam lima pertandingan terakhir mereka. Posisi tim berjuluk Serdadu Tridatu di papan klasemen juga terus menurun. Bali United saat ini harus puas berada di posisi 11 klasemen sementara ISC A 2016.

Penurunan performa kali ini membuat pelatih Bali United, Indra Sjafri mulai pesimis dengan target awal mereka untuk masuk di lima besar pada putaran pertama ISC A. Bahkan secara hitungan matematis, rasanya sangat sulit merealisasikan target tersebut mengingat putaran pertama ISC A hanya menyisakan dua pertandingan saja.

“Saya berpikir keras untuk mencari formula yang tepat di saat banyaknya pemain cedera. Itu yang menyulitkan bagi kami untuk meraih hasil bagus di beberapa pertandingan terakhir,” kata Indra Sjafri, Rabu (17/8).

Meski ia sempat mengakui kalau antara pemain inti dan pemain pelapis secara kualitas tidak berbeda jauh, namun ia tak mengelak jika pemain cadangan miliknya tidak tampil sesuai harapan. Alasannya menurutnya bukan karena kualitas secara individu, namun disebabkan karena beberapa pemain pengganti dipaksakan bermain di luar posisi asli mereka.

“Saya terpaksa menempatkan beberapa pemain di luar posisi asli mereka. Itu yang menyebabkan mereka tidak tampil maksimal,” tambah Indra.

Mantan pelatih Timnas U-19 ini juga menolak jika hasil buruk yang terjadi pada Bali United berkaitan erat dengan dicoretnya dua punggawa asing miliknya. Ia bersikukuh jika performa tim tidak tergantung pada satu dua pemain saja. Karena sejak awal dirinya meyakini jika setiap hasil yang dicapai oleh klub adalah buah dari kerja keras secara tim.

“Sepak bola sifatnya selalu kolektif. Dalam sepak bola juga tidak ada yang namanya kesalahan individual. Setiap hasil yang diterima tim adalah buah dari kerja keras dan kesalahan bersama,” pungkas pelatih berdarah Minang ini. (MQ)

(Visited 152 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid