Offside.co.id

Rahasia Osvaldo Lessa Jaga Kondisi Pemain MU

Minggu 4 September 2016 17:40 WIB

Offside.co.id – Mengkilatnya prestasi Madura United (MU) tak lepas dari bugarnya para pemain mereka. Jarangnya pemain MU mengalami cedera berkat sentuhan tangan dingin pelatih fisik MU, Osvaldo Lessa.

Mantan pelatih Persipura Jayapura ini mengungkapkan pentingnya penyusunan program latihan bagi tim. “Semua pemain pasti bisa cedera. Untuk mencegah itu harus ada penyusunan program latihan yang bagus. Tidak hanya di lapangan, pemaim perlu berlatih fitness dan jika ada pasir itu juga lebih bagus. Istirahat cukup dan menjaga menu makanan juga penting,” ujar Lessa.

BACA JUGA :   Inggris dan Belgia Rebut Tiga Poin

Lessa menyebutkan, program latihan harus disusun bervariasi. Pemain harus dibiasakan menjalani program latihan berat dan latihan ringan. “Kuncinya memang program keseimbangan latihan. Ada variasi latihan berat dan ringan. Itu berfungsi untuk menjaga tensi pemain,” ucapnya.

Jika ada pemain cedera, menurut Lessa, harus segera ditangani sebelum berlanjut lebih parah. Penanganannya pun juga berbeda dengan orang biasa.

“Pemain bola butuh cepat untuk kembali fit. Berbeda dengan orang biasa. Begitu kita tahu pemain cedera atau sakit, harus langsung terapi. Terapinya pun berbeda dengan orang biasa,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Kolarov Antar Kemenangan Serbia

“Kalau pemain diberi latihan ringan terus, jarang sekali latihan berat, begitu pemain melakoni pertandingan yang memaksa fisik bekerja keras pasti akan cedera setelahnya,” tutup Lessa. (FM)

(Visited 544 times, 3 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid