Offside.co.id

Semen Padang vs Persib, Pertarungan Gaya Sambalado

Minggu 24 Juli 2016 18:24 WIB

Offside.co.id – Sambalado, ternyata bukan hanya terkenal karena judul lagu dari Ayu Ting Ting. Sambalado berasal dari bahasa Minang dan memiliki dua suku kata yakni sambal dan lado yang artinya sambel dan lada/ cabe atau sama dengan cabe yang diulek. Meski rasanya pedas, tapi banyak disukai karena biasa digunakan untuk memancing selera makan.

Namun sambalado kini tak hanya dikenal sebagai kuliner khas Minang. Di sepak bola, khususnya jelang laga lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 antara Semen Padang melawan Persib Bandung, istilah sambalado ternyata menjadi sebuah gaya yang akan jadi tajuk dari laga yang akan digelar besok (25/7) di Stadion Haji Agus Salim, Padang. Kok bisa?

Adalah pelatih Persib, Djajang Nurjaman yang mempopulerkan istilah itu ketika memimpin latihan timnya di Lapangan PSTS Tabing Padang, dua hari menjelang pertandingan. “Ayo, mainkan gaya sambalado. Kamu bisa, ayo…ayo….!” begitu kata pelatih yang akrab disapa Djanur ini memberi instruksi.

Kepada wartawan pada sesi jumpa pers Minggu siang (24/7) tadi, Djanur menjelaskan bahwa pengertian gaya sambalado yang dimaksudkannya adalah bermain cerdas dan bisa memetik kemenangan, tapi tetap dalam koridor permainan cantik dan menghibur.

(Visited 1.173 times, 4 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid