Offside.co.id

Tak Mau ‘Tertipu’ Lagi, Bali United Terapkan Pola Baru Pada Pemain Asing

Rabu 24 Agustus 2016 12:07 WIB

Offside.co.id – Menjelang putaran kedua Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, manajemen Bali United berencana menerapkan aturan khusus untuk pola perekrutan pemain asing. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, manajemen Bali United tidak ingin tertipu untuk kedua kalinya perihal pemakaian jasa pemain asing.

Seperti yang kita ketahui bersama, Bali United sempat mengungkapkan kekecewaannya dengan dua mantan punggawa asing mereka yakni Lucas Patinho dan Kiko Insa. Patinho disinyalir menutupi kondisi fisiknya sebelum akhirnya terbukti dirinya memiliki cedera bawaan yang menyebabkan gelandang asal Brasil ini sering absen.

Hal tak terpuji juga terjadi pada Kiko Insa. Pemain belakang berpaspor Spanyol ini dianggap tidak profesional. Kiko beberapa kali terbukti berbohong terkait kondisi fisiknya. Mantan pemain Arema Cronus ini tercatat sempat melewatkan tiga laga di ISC A setelah pura-pura cedera.

Berdasarkan pengalaman itu, pelatih sekaligus manajer Bali United Indra Sjafri mengatakan sudah menemukan formula yang tepat untuk menghindari kejadian serupa. Menurutnya Bali United untuk ke depannya akan menerapkan pola kontrak khusus bagi pemain asing dengan durasi maksimal enam bulan saja.

“Kami pikir proses seleksi beberapa hari saja tidak cukup untuk mengetahui secara pasti kualitas pemain asing. Sehingga kami sepakat untuk menerapkan pola baru yakni dengan menawarkan kontrak jangka pendek sebagai bagian dari proses seleksi bagi para pemain asing,” kata Indra, Rabu (24/8).

Jangka waktu enam bulan menurutnya dirasa cukup untuk memberi penilaian secara subyektif terhadap pemain asing. Dalam jangka waktu tersebut, Ia juga mengatakan bahwa secara sikap dan etika pemain asing juga bisa dinilai dengan jelas.

“Selain kualitas dan skill bermain di lapangan, kami juga akan menilai perilaku pemain asing di luar lapangan. Karena sejak awal saya sudah mengatakan jika pemain asing harus bisa menjadi mentor bagi pemain muda di sini. Jadi, baik di dalam maupun di luar lapangan, meraka harusnya bisa menjadi percontohan,” pungkas Indra Sjafri. (MQ)

(Visited 277 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid