Offside.co.id

ISL 2017, Ada Yang Berubah Soal Aturan Pemain

Senin 9 Januari 2017 11:05 WIB

Offside.co.id – PSSI telah menetapkan 29 Maret 2017 akan digulirkan Liga Super Indonesia (ISL) 2017. Pada kompetisi strata tertinggi di tanah air tersebut, dipastikan, aka nada beberapa aturan yang berubah soal komposisi pemain di setiap klub.

Pertama soal pemain asing. PSSI menetapkan untuk komposisi pemain asing nanti menjadi 2+1. Maksudnya, dari tiga pemain asing yang dimiliki, satu harus dari Asia. Ini sangat berbeda pada ISL sebelumnya yang mengizinkan setiap klub menggunakan empat pemain (tiga non Asia dan satu dari Asia).

“Untuk pemain asing di ISL 2017. Klub merespons dengan meminta waktu 1-3 minggu terkait sosialisasi yang kami sampaikan. PSSI tentunya juga akan dengan senang hati mendengar masukan dari klub,” kata Djoko Driyono, wakil Ketua Umum PSSI.

BACA JUGA :   Madrid Bungkam Getafe, Suarez Selamatkan Barca

Selain pemain asing, juga ada pembatasan usia pemain dalam satu timnya. “Kami sempat rapat exco untuk mencocokkan waktu dan jumlah pemain dalam satu tim. Pemain yang usianya di atas 35 tahun hanya diperbolehkan dua pemain saja,” kata Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Dengan adanya pembatasan jumlah pemain uzur, PSSI berharap 18 tim peserta ISL 2017 lebih banyak memainkan usia pemain U-23. “Untuk penggunaan pemain muda di bawah usia 23 tahun, diharuskan tiap klub memiliki lima pemain dalam komposisi skuat mereka,” tambah Djoko.

BACA JUGA :   Gulung Stoke, City Kokoh di Puncak

Jika saja banyak pemain U-23 yang diturunkan klub, diharapkan akan bisa memberikan kontribusi untuk timnas. Maklum, di level klub, selama ini banyak pemain muda yang terpinggirkan. Mereka kalah dengan pemain-pemain senior yang dianggap bisa memberikan kontribusi instan.

(Visited 353 times, 3 visits today)
Editor: Hanif Marjuni