Offside.co.id

Ismed Sofyan: ‘Saya Dulu Seorang Striker’

Selasa 28 Februari 2017 19:00 WIB

Offside.co.id – Ismed Sofyan dikenal sebagai salah satu bek kanan berkualitas yang pernah dimiliki Indonesia. Selama sepuluh tahun lamanya, pemain kelahiran Tualang Cut  ini memperkuat Merah Putih. Tercatat, dari 2000 hingga 2010, posisi bek kanan kerap dipercayakan pada bek yang kini berumur 37 tahun tersebut.

Di level klub, ia juga dianggap sebagai salah satu bek kanan terbaik yang pernah melanglangbuana di kasta tertinggi sepak bola nasional. Ketika memperkuat Persiraja Banda Aceh, Persijatim Jakarta Timur hingga berlabuh ke Persija Jakarta pada 2003, peran bek kanan tak pernah lepas dari pemain yang pada 1997 hingga 2001 memperkuat timnas U19 dan U-23 ini.

Uniknya, pada awal menekuni karier pebola, posisi Ismed bukanlah sebagai bek kanan. Ia malah terbiasa di posisi lain. “Saya aslinya seorang striker. Namun pada 1997 ketika bergabung di persiapan timnas untuk Piala Pelajar Asia, saya digeser sebagai bek kanan. Gara-garanya, sudah ada lima striker,” terang Ismed.

Karena ‘pergeseran’ itu pula, Bambang Pamungkas, rekan setim Ismed di Persija Jakarta dan timnas, menyebut Ismed dikaruniai talenta yang hebat. Ia tidak hanya cepat dan rajin menyerang, namun dilengkapi dengan kemampuan melakukan umpan-umpan silang yang akurat. “Tuhan telah menunjukkan rencana yang indah bagi Ismed,” ujar Bambang dalam akun instagram resminya. (HM)

(Visited 394 times, 15 visits today)
Editor: Hanif Marjuni