Offside.co.id

Iwan Setiawan Soroti Marquee Player Liga 1

Minggu 10 Desember 2017 02:32 WIB

Offside.co.id – Pelatih Pusam Borneo FC, Iwan Setiawan mengkritik regulasi marquee player dan penggunaan wasit asing yang ditetapkan PT Liga. Mantan pelatih Persebaya ini menganggap regulasi untuk mendatangkan seorang marquee player terlalu mudah.

Akibatnya, menurut Iwan, pemain yang didatangkan tidak benar-benar pemain top dan memiliki menit bermain yang banyak.

“Saya setuju dengan marquee player karena bisa menjadi teladan bagi pemain kita maupun pelatih. Tetapi regulasi mendatangkannya terlalu mudah, yang penting sudah bermain di top level baik klub atau negaranya walaupun baru sekali ikut bertanding,” ujar pelatih 49 tahun tersebut dalam “Refleksi Semusim Sepakbola Indonesia” yang diadakan oleh Save Our Soccer (SOS), di Jakarta, baru-baru ini.

BACA JUGA :   Selesai, Infrastruktur AG 2018 Siap Diresmikan

“Seharusnya regulasi harus ditegaskan lagi, seperti seorang marquee player harus benar-benar pemain top dan sudah bermain pada top level dengan menit bermain sekian,” tambahnya.

Selain marquee player, pelatih yang pernah membawa Borneo FC juara Divisi Utama pada 2014 dan juara Piala Gubernur Kaltim 2016 itu juga menyinggung masalah penggunaan wasit asing pada putaran kedua Liga 1 musim kemarin.

“Sebenarnya mendatangkan wasit asing itu bagus, karena bisa menjadi contoh bagi wasit indonesia. Tetapi PT Liga harus mendatangkan wasit asing yang terbaik dan sudah menerima sertifikasi FIFA, bukan wasit yang Cuma mendapatkan sertifikasi dari federasi negara masing-masing. Pada liga kemarin cuma beberapa wasit yang bersertifikasi FIFA, makanya mimpinnya buruk dan banyak pertandingan yang kacau,” tutup Iwan.  (ANDI/KS)

(Visited 54 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo