Offside.co.id

Joko Susilo: Sepak Bola Kini Tak Menuntut Skill Individu

Jumat 3 Februari 2017 14:50 WIB

Offside.co.id – Selama sebulan asisten Arema FC, Joko Susilo, berguru menuntut ilmu menngambil kursus kepelatihan lisensi A AFC di Thailand. Sepulangnya ke Indonesia, Gethuk, sapaan akrabnya, melihat banyak perkembangan sepak bola yang bisa diterapkan ke Arema.

“Ada perbedaan pembinaan disana dengan di Indonesia. Melihat program latihan mereka juga berbeda. Mengikuti perkembangan sepak bola yang dinamis,” ujar Gethuk.

Gethuk menjelaskan, sepak bola saat ini menngingatkan dia kepada tipikal permainam Arema zaman dulu yang keras, selalu kerja keras dan mempunyai mobilitas bola yang tinggi.

“Saat ini justru mengarah kesitu. Sepak bola saat ini tidak menuntut skill individu tapi sekarang universal player. Artinya, pemain harus bisa di semua posisi untuk mengimbangi pergerakan lawan yang dinamis,” lanjut Gethuk.

Namun, Pria asal Cepu tersebut tidak serta merta bisa membuat perubahan di tubuh Arema. Klub berjuluk Singo Edan tersebut masih membutuhkan waktu untuk berubah.

“Saya sebagai asisten kapasitas saya selalu mendiskusikan dengan pelatih. Coach Aji ingin seperti itu tapi butuh waktu,” ucap Gethuk lagi.

Gethuk juga tak ingin Indonesia hanya menjadi negara copy paste. Ia yakin sepak bola Indonesia bisa lebih berkembang. “Kita jangan cuma meniru sepak bola Thailand, Spanyol, Inggris dll. Kita punya punya kultur yang berbeda. Belajar boleh tapi jangan copy paste,” tuturnya.

Kini ia masih menunggu keputusan kelulusan dari AFC yang akan diumumkan dua bulan kemudian. Disinggung soal tawaran melatih klub, Gethuk menyerahkan keputusan kepada manajemen Arema FC.

“Saya kembalikan ke Arema. Karena saya bisa seperti ini semuanya dibiayai oleh Arema,” tutupnya. (FM)

(Visited 208 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid
Powered by Live Score & Live Score App