Offside.co.id

Klub-klub Liga 1 Sampaikan Belasungkawa untuk Ricko

Jumat 28 Juli 2017 11:59 WIB

Offside.co.id – Meninggalnya Ricko Andrean Maulana pada Kamis (27/7) masih menyisakan duka bagi sepak bola Indonesia. Beberapa klub besar Indonesia seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC, dan Bali United turut menyampaikan ucapan belasungkawa melalui akun twitter resmi mereka.

Keempat klub tersebut juga mengecam kekerasan yang terjadi di antara suporter. “Sepak bola itu ajang menghargai manusia semanusia manusianya. Bukan ajang membabi buta. Apalagi nyawa,” cuit manajemen Arema FC melalui akun twitter @Aremafcofficial.

 

Sepakbola sejatinya adalah persaudaraan, jika semangat itu ada maka tidak akan ada lagi jatuhnya korban jiwa dari suporter ketika mendukung tim kesayangannya.

BACA JUGA :   Hadapi Laos, Timnas U-16 Siap Lakukan Rotasi Pemain

Ricko tercatat sebagai tumbal ke-56 kekerasan di sepak bola Indonesia sejak Suhermansyah, Bonekmania, yang tewas pada 28 Januari 1995 setelah terimpit dan terinjak usai menyaksikan laga PSIM melawan Persebaya. Save Our Soccer #SOS mencatat Ricko adalah bobotoh kelima yang tewas usai mendukung tim kesayangannya, Persib Bandung.

Sebelumnya, tiga bobotoh tewas: Rangga Cipta Nugraha (22), Lazuardi (29), Dani Maulana (17), usai mendukung Persib melawan Persija di Jakarta, 27 Mei 2012. Lalu, Muhammad Rovi Arrahman alias Omen, 17, yang tewas karena dikeroyok usai menyaksikan laga antara Persib melawan Persegres Gresik di Stadion Wibawa Mukti, 23 Oktober 2016.

BACA JUGA :   Catat Nilai Sempurna, Timnas U-16 Lolos ke Piala AFC

The Jakmania, suporter Persija, juga sudah kehilangan lima anggotanya.  Fathul Mulyadin pada 2008 usai menyaksikan Persija melawan Persipura. Lalu, M. Fahreza usai laga Persija vs Persela pada 2016, Gilang dan Harun Al Rasyid Lestaluhu alias Ambon yang tewas usai menyaksikan laga Persija vs Persib di Stadion Manahan pada 6 November 2016. Terakhir, Agen Astrava, harus menghembuskan nafas terakhir usai menyaksikan laga Persija vs Bali United di Stadion Patriot Bekasi, 21 Mei 2017. (VP)

(Visited 201 times, 21 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo