Offside.co.id

Kongres PSSI (Bisa) Pindah ke Yogyakarta

Sabtu 8 Oktober 2016 12:24 WIB

Offside.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) lagi-lagi memberikan ultimatum tegas soal kongres PSSI. Intinya, pelaksanaan kongres harus di Yogyakarta. Tidak di Makassar seperti yang diumumkan PSSI selama ini.

Hal itu ditegaskan juru bicara Kemenpora, Gatot Dewa Broto. Ia mengatakan, rekomendasi dari kementeriannya meminta agar Markas Besar (Mabes) Polri hanya memberikan izin penyelenggaraan jika Kongres PSSI digelar di Yogyakarta. “Mabes (Polri) memang harus tetap tunduk kepada rekomendasi Kemenpora,” ujar Gatot.

Gatot menerangkan, komunikasi terakhir dengan Mabes Polri, pada Jumat (7/10), memberikan harapan penyelenggaraan Kongres Pemilihan mengikuti saran pemerintah. “Kalau sejauh ini, posisi saat ini Kongres PSSI mengarah ke Yogjakarta,” sambung dia.

Penegasan Kemenpora diamini Mabes Polri. Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera menyatakan, Kongres Tahunan PSSI tidak dilaksanakan di Makassar. Alasannya, Mabes Polri telah mengeluarkan izin kongres di Yogyakarta. “Sudah keluar (izinnya) dari Mabes. Di Yogya,” kata Frans, kepada beberapa media, Jumat (7/10).

Panitia Lokal Kongres PSSI di Makassar, mengaku belum mendapat kabar tentang soal perpindahan lokasi kongres. Pelaksana tugas (Plt) Ketua Asprov Sulsel Alwi Katu menegaskan, akan memboikot pelaksanaan Kongres Tahunan jika tetap mengambil tempat di Yogyakarta. “Yang punya hajat PSSI. Silakan saja, Kemenpora kongres sendiri,” ujar Alwi.

(Visited 304 times, 3 visits today)
Editor: Hanif Marjuni