Offside.co.id

Lagi, Kemenpora ‘Peringatkan’ PSSI

Kamis 6 Oktober 2016 14:06 WIB

Offside.co.id – Pemerintah lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali menegaskan soal polemic di sepak bola nasional. Agar kasus dualisme tak terulang lagi, juru bicara di Kemenpora, Gatot Dewa Broto mengatakan, persoalan tuan rumah Kongres Tahunan PSSI tetap harus mengacu pada rekomendasi kementeriannya.

Selama beberapa pekan terakhir, PSSI memastikan kongres tetap di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Hajatan itu akan digelar pada 17 Oktober 2016.  Malah, agenda tersebut akan dihadiri perwakilan FIFA dan AFC.

Menurut Gatot, terkait fakta itu, Menpora Imam Nahrawi tetap menginginkan agar pelaksanaan Kongres Pemilihan mengambil tempat di Yogyakarta. “Tunggu saja nanti. Yang pasti kita nggak mau kalau terjadi lagi dualisme,” ujar Gatot kepada beberapa media, Rabu (5/10).

BACA JUGA :   Cedera Salah Tidak Parah

Sebelumnya pemerintah sudah melayangkan surat yang tertulis tanggal 9 September 2016 lalu terkait pemindahan lokasi kongres. Kemenpora meminta kongres dipindah ke Yogyakarta yang merupakan kota tempat dilahirkannya PSSI. Namun PSSI bersikukuh kongres tetap di Makassar.

Keinginan pemerintah tersebut sempat didukung kelompok 85 (K-85)  yang mengklaim menguasai mayoritas suara sah di federasi nasional. Bahkan mereka mengancam tak menghadiri kongres tersebut. Kelompok 85 menilai, jika kongres tetap digelar di Makassar, maka tidak akan netral. Sebab, dari deretan kandidat calon ketua umum PSSI, ada Erwin Aksa yang merupakan tokoh asli Makassar.

BACA JUGA :   Real Madrid Kampiun!

Sementara K-85, selama ini secara terang-terangan mendukung calon ketua umum lainnya, yaitu Pangkostrad Letnan Jenderal (Letjen) Edy Rahmayadi. Apakah PSSI mau mengubah lokasi kongres di saat pelaksanaannya sudah makin dekat?

(Visited 813 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni