Offside.co.id

Lagi, Liga Semuda Digelar Pemerintah dan Swasta

Rabu 22 Maret 2017 14:41 WIB

Offside.co.id – Liga Sepak Bola Usia Muda (Liga Semuda) U-12 kembali digelar. Kali ini dihelat  di empat kota sekaligus yakni Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Tangerang. Event sepakbola usia muda ini bertajuk Okky Splash Youth Soccer League 2017.

Deputi Bidang III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Dr. Raden lsnanta, M.Pd, mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung perhelatan ini.Apalagi, ajang ini merupakan perwujudan kerjasama antara pemerintah dan swasta.

“Kami dukung setiap upaya seluruh pihak yang ingin membantu tugas pemerintah dalam menggelar kompetisi secara berjenjang di semua level dan umur, karena ini merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk melahirkan prestasi olahraga khususnya sepakbola” ucap lsnanta di Kemenpora, Rabu (22/3/2017).

“Kami bertiga, Kemenpora, Semuda dan Suntory Garuda, sepakat untuk s membuat sepakbola usia muda khususnya di bawah 12 tahun untuk ditata basic skill, di samping meletakkan spirit, karakter sepakbola yang benar. Kemudian setelah lapisan bawah kita proses, maka kita sepakat untuk meneruskan pembinaan dan kompetisi pada jenjang umur berikutnya namun fokus pada usia muda dan usia dini,” tambah Isnanta.

Pemerintah berharap, lanjut Isnanta, pembinaan dan kompetisi akan diperluas ke seluruh tanah air. Tidak hanya di Jabodetabek. “Hal ini perlu karena Indonesia luas, Indonesia punya banyak potensi, tidak hanya Jabotabek, namun di ujung Sulawesi, Sumatera, Maluku, Papua juga sangat bermimpi adanya kompetisi yang sangat berjenjang dari usia 12 naik ke level seterusnya kita akan menyentuh pembinaan diseluruh Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, founder Liga Semuda, Richard Buntario mengatakan bahwa pada rentang usia U-12 bibit-bibit sepakbola muda Indonesia kerap dibebani dengan banyak tuntutan dari berbagai pihak. “Kadang kita melupakan bahwa unsur dan esensi yang paling utama dari sepakbola adalah menikmati pertandingan, jadi kami selaku penyelenggara event ingin mengembalikan esensi asli sepakbola khususnya untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun,” tutur Richard.

(Visited 62 times, 3 visits today)
Editor: Hanif Marjuni