Offside.co.id

Lawan Home United, Persija Lupakan Hasil Buruk

Selasa 5 Februari 2019 09:51 WIB

Offside.co.id – Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev, mengaku tak ambil pusing dengan banyaknya pemain yang terkendala dan tak bisa tampil saat timnya melawat ke markas Home United dalam  kualifikasi Liga Champions Asia di Singapura, Selasa (05/02) sore ini.

Pelatih anyar Persija yang mantan pelatih timnas Indonesia ini juga tidak mau ambil pusing dengan kekalahan di dua pertemuan sebelumnya melawan Home United. Seperti dikutip dari laman resmi klub Persija, dalam pertemuan ini Persija dihantui hasil tidak baik saat kedua tim bertemu pada Semifinal AFC zona ASEAN.

Musim lalu Persija harus tersingkir di ajang Piala AFC karena kalah dari Home United. Persija menelan kekalahan 3-2 di Singapura, lalu kemudian terbungkam 3-1, di Stadion Gelora Bung Karno.

Kolev menilai hasil buruk kontra Home United musim lalu bukan jadi patokan untuk laga kali ini. Menurutnya, keadaan sudah berubah, terlebih musim ini semuanya keadaannya sudah baru termasuk dirinya menggantikan Stefano Cugurra.

“Itu masa lalu, saya yakin tim yang baru, organisasi yang baru, akan memberikan yang berbeda di laga yang berbeda besok, karena ini adalah tim yang baru,” ujar Kolev saat konferensi pers jelang laga.’

Hal senada juga diutarakan oleh Ryuji Utomo yang menilai kekalahan musim lalu tidak akan berpengaruh. “Masa lalu biarlah masa lalu, laga besok adalah hari yang baru bagi kami, dengan tim yang baru, pemain yang baru dan pelatih yang baru. Besok adalah besok, dan masa lalu adalah masa lalu,” beber Ryuji.

BACA JUGA :   Hattrick Benzema Gasak Bilbao

Sementara itu seperti dilansir Antaranews, pelatih asal Bulgaria itu yakin walaupun skuatnya pincang, para pemain yang akan turun mengisi lubang-lubang yang ditinggalkan bakal memberikan penampilan terbaik.

“Banyak pemain yang tidak bisa bermain besok (hari ini,red), tapi saya percaya pemain yang menggantikan bisa memberikan yang terbaik,” kata Kolev dalam jumpa pers prapertandingan di Singapura, demikian keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Persija memang didera berbagai rintangan menuju laga tersebut, pasalnya empat pemain anyar mereka sempat terkendala sertifikat transfer internasional (ITC) masing-masing.

Belakangan, hanya Ryuji Utomo saja yang dipastikan sah untuk diturunkan dalam laga tersebut, sedangkan trio Vinicius Lopez, Jakhongir Abdumuminov dan Bruno Matos bakal absen.

Hal itu coba ditanggulangi Persija dengan meminjam tiga pemain dari Madura United yakni Jaimerson de Souza, Alberto “Beto” Goncalvez serta Rishadi Fauzi untuk memperkuat skuat Macan Kemayoran menghadapi Home United.

Namun, Jaimerson kemudian terancam bakal tak bisa turun juga karena masih terkena hukuman akumulasi kartu merah yang didapatkannya saat membela Persija di semifinal Piala AFC zona ASEAN musim lalu.

BACA JUGA :   "The Citizens" Sukses Lampiaskan Dendam

Kendati demikian, Kolev memilih tetap menatap laga itu dengan sikap optimistis, terlebih ia menilai skuat Persija saat ini jauh lebih kuat ketimbang yang dikalahkan Home United musim lalu.

Ia juga mengaku sudah mengamati rekaman pertandingan uji coba Home United demi mempelajari lawannya itu.

“Saya sudah lihat satu pertandingan uji coba mereka. Saya lihat mereka tim yang bagus dan punya organisasi permainan yang bagus serta memiliki pemain bagus,” kata Kolev.

“Tentunya ini akan sulit bagi kami. Tapi pemain akan memberikan yang terbaik di lapangan esok agar bisa memenangkan laga,” ujarnya menambahkan.

Musim lalu, Persija bertemu Home United di partai semifinal Piala AFC zona ASEAN dan menelan kekalahan agregat 3-6. Setelah takluk 2-3 di kandang lawan, Persija juga tersungkur 1-3 di hadapan publik Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Jika berhasil menang atas Home United, Persija sudah dinantikan wakil Australia Newcastle Jets di babak kedua kualifikasi nanti. (KS)

Keterangan foto: Ivan Kolev (sumber: persija.id)

(Visited 12 times, 2 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo