Offside.co.id

Lawan Jordania, Timnas Harus Maksimal

Selasa 11 Juni 2019 10:21 WIB

Offside.co.id – Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy mengingatkan timnya harus tampil  maksimal jika ingin membawa hasil positif dari lawatan uji coba melawan Jordania di Stadion King Abdullah II, Amman, Selasa (11/6) malam ini.

Baik Indonesia maupun Jordania akan menjadikan pertandingan ini sebagai pemanasan dan persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022, September mendatang.

“Supaya dapat hasil maksimal, kami harus memberikan penampilan yang maksimal. Meski persiapan kami cukup singkat,” kata Simon, seperti dilansir dari laman resmi pssi.org.

Menurut pelatih asal Skotlandia tersebut, hasil maksimal yang diharapkannya tidak harus terwujud dalam kemenangan. Dirinya lebih senang jika para pemain mampu menerapkan apa saja yang selama ini mereka terima dalam latihan.

“Saya tidak terlalu peduli dengan hasil pertandingan. Nanti jika kami sudah bermain di kualifikasi Piala Dunia 2022, maka hasil itu penting. Yang terpenting adalah bagaimana performa pemain di laga ini.  Mereka harus mampu mengaplikasikan apa yang sudah kami berikan menu saat latihan dengan memberikan kemampuan terbaik,” tambah Simon.

BACA JUGA :   Madrid Tanpa Hazard di Laga Pembuka

Simon menganggap Jordania merupakan tim yang kuat meski mereka kalah 1-5 ketika berlaga melawan tuan rumah Slovakia, Jumat (7/6) lalu. “Kami sudah menonton pertandingan Jordania menghadapi Slovakia. Jordania itu tim kuat,” tukas pelatih berusia 41 tahun tersebut.

Sementara itu para pemain timnas tampak optimistis dan yakin mampu meraih hasil terbaik di pertandingan ini.  Bagi mereka laga ini akan menjadi ajang pemanasan dan pembuktian sebelum berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tiga pemain yakni Riko Simanjuntak, Yanto Basna, dan Alberto Goncalves mengatakan laga ini sangat penting untuk membuktikan kemampuan terbaik mereka bersama timnas.

“Melawan Jordania adalah simulasi kami menuju kualifikasi Piala Dunia 2022. Yang penting, proses adaptasi dengan negara lawan,” kata Riko Simanjuntak.

BACA JUGA :   No Messi, Barcelona Langsung Tumbang

“Persiapan untuk bertanding bukan hanya soal latihan. Tapi juga persiapan mental, perjalanan yang jauh, perbedaan waktu, dan cuaca. Semoga kami mendapatkan hasil yang positif,” tambah pemain Persija Jakarta itu.

Cuaca di Amman juga akan menjadi tantangan tersendiri bagi skuat Garuda, mengingat saat ini suhu sekitar 35 derajat celcius. Meski begitu, hal ini sudah diantisipasi oleh para pemain Indonesia.

Sejak tahun 2000, Jordania sudah tiga kali bertemu Indonesia dan tiga kali pula meraih kemenangan.

“Meskipun banyak yang belum percaya besok (hari ini, red) kita bisa dapat hasil positif lawan Jordania, tapi percayalah, sudah saatnya kita lupakan catatan buruk di masa lalu. Sekarang adalah kesempatan kita untuk mengubah tren negatif tersebut,” ucap pemain naturalisasi asal Brasil ini. (KS)

 

Keterangan Foto: Timnas berlatih di Amman, Jordania. (foto: pssi.org)

(Visited 10 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply