Offside.co.id

Ini Dua Formasi Baru Persib dengan Essien!

Rabu 15 Maret 2017 07:12 WIB

Offside.co.id – Kehadiran Michael Essien (34) ke dalam skuad Persib, bakal mengubah formasi tim Maung Bandung.

Eks pemain klub-klub top seperti Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan ini biasa beroperasi sebagai defensive midfielder alias gelandang bertahan.

Namun dengan kualitas yang ia miliki, rasanya pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, akan lebih mendorong dia menjadi gelandang serang.

Ada dua alasan kuat kenapa Djadjang mesti berani membuat perubahan kecil terkait peran Essien. Pertama, pemain Ghana itu juga punya tendangan cannon ball dahsyat.

Gol Essien ke gawang Barcelona di Liga Champions, bahkan pernah terpilih sebagai gol terbaik Eropa. Ia juga beberapa kali membuat gol tendangan jarak jauh.

Dengan lawan-lawan di Liga 1 (sebutan baru Liga Indonesia) yang secara kualitas di bawah klub-klub Eropa, Essien masih “bergigi” diplot sebagai gelandang serang.

Alasan kedua, Djadjang masih punya Hariono, gelandang bertahan murni. Membangku-cadangkan si gondrong demi Essien, bisa jadi kerugian besar buat Persib.

Dengan dua alasan itu, mengoptimalkan Essien sebagai gelandang serbu, jadi opsi paling masuk akal. Risikonya, pemain-pemain seperti Gian Zola, Dedi Kusnandar, dan Kim Jeffrey Kurniawan, kudu mengalah.

Mereka yang sebelumnya memperebutkan dua posisi, kini hanya satu posisi. Satu lainnya, jadi hak prerogatif Essien.

Formasi itu pun belum baku 100 persen. Soalnya, manajer Persib, Umuh Muchtar, sempat menyebut akan memberi kejutan susulan, mendatangkan pemain top lain sekelas Essien.

Jika mengacu pada kuota pemain asing Liga 1 yang hanya 3 pemain, maka nasib Shohei Matsunaga asal Jepang agak rawan. Jika yang datang sekelas Dimitar Berbatov atau Robin Van Persie, ia jelas wajib menepi, atau dipinjamkan ke klub lain.

Namun Umuh kabarnya sedang memohon revisi regulasi kuota pemain asing, agar bisa jadi 4 pemain (3 Eropa/Afrika/Amerika dan 1 dari Asia). Toh hingga kini operator liga resmi juga belum ditunjuk PSSI. (SN)

 

Daftar Pemain Persib 2017

Kiper:
1. I Made Wirawan
2. Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby
3. Imam Arief Fadillah

Belakang:
4. Jajang Sukmara
5. Tony Sucipto
6. Vladimir Vujovic
7. Sugianto (Diklat Persib)
8. Wildansyah (Baru)
9. Supardi Nasir (Baru)
10. Achmad Jufriyanto (Baru)
11. Henhen Herdiana (Diklat Persib)

Tengah:
12. Kim Jeffrey Kurniawan
13. Michael Essien (Baru)
14. Dedi Kusnandar (Baru)
15. Shohei Matsunaga (Baru)
16. Atep
17. Hariono
18. Febri Hariyadi (Diklat Persib)
19. Gian Zola Nasrulloh (Diklat Persib)
20. Ahmad Subagja Baashit (Diklat Persib)

Depan:
21. Tantan
22. Sergio van Dijk
23. Angga Febrianto (Diklat Persib)

Catatan: Dari daftar nama pemain Persib di atas, yang benar-benar baru hanya Michael Essien. Nama lainnya adalah eks pemain Maung Bandung dan skuad Maung Ngora (junior).

(Visited 2.537 times, 11 visits today)
Editor: Sigit Nugroho