Offside.co.id

Lapangan PSTS Tabing, Incaran untuk Latihan Klub-klub Liga I di Padang

Jumat 12 Mei 2017 16:17 WIB

Offside.co.id – Lapangan yang berjarak sekitar 10 Km dari kota Padang itu letaknya memang tidak berada di jalan utama kota Padang. Tapi masuk ke bagian dalam sekitar 200 meter. Besar lapangan itu pun hanya kualitas nasional yakni 100 X 64 M. Namun tunggu dulu, lapangan yang dimiliki masyarakat Perupuk Tabing Padang dan dikelola oleh pengurus Klub dan SSB PSTS Tabing itu sangat dikenal oleh klub-klub liga I nasional.

Ya, itulah lapangan PSTS Tabing yang terletak persis di depan gedung SMP Negeri 13 Tabing di Kelurahan Perupuk Tabing Kec. Koto Tangah Kota Padang itu. Lapangan yang berada di lingkungan perumahan padat penduduk itu dikenal bagus baik dari sisi rumputnya maupun tekstur tanahnya yang lembut.

“Tanpa bermaksud berlebihan, lapangan kita ini memang selalu menjadi incaran bagi semua klub Liga yang bermain di kota Padang, selain juga klub-klub lain yang main di kota Padang. Tak hanya itu, meski lapangan ini tidak memiliki stadion yang memadai, namun lapangan ini juga selalu terpilih untuk menjadi pelaksana berbagai turnamen di Padang,” ujar Mukhtar Anwar, eks Sekretaris PSTS Tabing.

Dijelaskannya, lapangan yang sempat menerima bantuan dari Kantor Menpora di tahun 2006 itu memang sejak lama dikenal sebagai lapangan terbaik di kota Padang. Terutama soal kegemburan tanahnya, yang banyak dinilai lebih lembut dibanding lapangan di Stadion H. Agus Salim Padang.

Di lapangan ini pulalah Coach Jafri Sastra yang kini melatih Mitra Kukar besar dan lama jadi pelatih di klub dan SSB PSTS Tabing. Tak hanya itu di lapangan ini juga pernah lahir sejumlah pemain berualitas seperti Andre Syarifuddin, eks kiper Timnas Pelajar 1994, Bobby Satria kini di Sriwijaya FC dan Fauzan Jamal, eks Semen Padang kini di Persijap Jepara.

“Mengurus lapangan itu hampir sama dengan mengurus keluarga kita. Yakni dengan kasih sayang. Bahwa ini aset berharga, tentu semuanya harus dilakukan dengan kasih dan cinta. Dan saya melihat teman-teman di sini mau dan mampu mengurus lapangan ini dengan baik. Itu sebabnya lapangan ini kualitas terbaik di kota ini,” ujar mantan pemain Timnas dan eks Pelatih Tmnas Suhatman Imam, yang juga rajin ke lapangan PSTS Tabing menyaksikan Tim PSP Senior dan Akademi Sepakbola PSP Padang yang dipimpinnya.

Beberapa nama besar seperti sejumlah pemain nasional maupun internasional juga sudah pernah merumput di lapangan yang sudah berusia sekitar 40 tahun lebih itu. Tak hanya itu, marquee player Persib Michael Essien yang mantan pemain Chelsea itu pun Kamis (11/5) kemaren juga sudah menjejakkan kaki dan bermain di lapangan itu.

“Tentu saja kita bangga bila pemain sekelas Essien dan hampir semua mantan pemain nasional pernah bermain di sini. Semoga saja Kami selalu bisa menjaga lapangan ini dengan baik,” tambah Mukhtar Anwar. NS

 

(Visited 226 times, 20 visits today)
Editor: Hanif Marjuni