Offside.co.id

TERUNGKAP! Billy Keraf Ditolak Dimana-mana, Termasuk Persija!

Jumat 5 Mei 2017 08:50 WIB

Offside.co.id – Nama Billy Keraf (21) tiba-tiba saja meroket di awal Liga 1 Gojek Traveloka. Aksinya yang liar dan enerjik, menjadi ciri khas winger Persib Bandung ini.

Pemuda kelahiran Jakarta 22 April 1996 bernama lengkap Fulgensius Billy Paji Keraf ini, dua kali menyita perhatian. Ia jadi idola bobotoh. Akun fans dengan nama Billy Keraf pun kini ada 12 biji, bukti ia disukai.

Saat pertama kali dipercaya pelatih Djadjang Nurdjaman turun di babak kedua dalam laga Persib vs PS TNI, Billy mengacak-acak pertahanan lawan. Ia juga memberi assist bagi gol Atep.

Billy memang ditarik keluar Djadjang dengan alasan staminanya payah. Mestinya ia kesal, pemain pengganti kok diganti lagi. Tapi ia tak perlu berkecil hati.

Toh aksi singkatnya (kurang dari 35 menit) itu, sudah cukup membuka mata pengamat dan bobotoh. Persib punya senjata andalan baru. Dialah Billy Keraf!

Puncak kejutan Billy terjadi di Gresik dalam laga away kontra Persegres Gresik United. Ketika laga tampak akan berakhir seri 0-0, Billy melesakkan gol pada injury time, tepatnya menit ke-92!

BACA JUGA :   Eden Hazard Selamatkan Chelsea

Hampir semua media di Indonesia pun menyebut namanya. Semua makin terkejut ketika Billy mengungkap kisah anehnya saat bergabung ke tim Maung Bandung.

“Sebenarnya saya baru beberapa hari saja bergabung dengan Persib. Tiba-tiba sekarang dikenal banyak orang. Merasa aneh juga sih,” ujarnya sambil tertawa.

Bagaimana tak aneh, bulan lalu ia masih belum punya klub. Ada sih, klub amatir Nitro FC yang dimanajeri Christliebert, Account Executive Nike Indonesia.

Selepas dari sepak bola junior dengan berbagai bendera seperti Mitra Pespex dan ASIOP, Billy sadar usianya sudah cukup untuk terjun di sepak bola profesional. Ia pun rajin ikut tarkam kesana-kemari. Juga trial di klub Liga 1 dan Liga 2.

“Ternyata​ lewat Bang Christliebert inilah jalan saya menuju Persib. Dia yang meminta saya ikut trial di Persib,” kenangnya.

Modal Billy sebenarnya banyak. Ia cepat, kuat dalam dribel, punya insting dan visi yang bagus. Tapi ia heran, selalu mentok saat ikut trial.

BACA JUGA :   PSG Menang Lagi, Neymar dan Cavani Berbagi Gol

“Sebelumnya juga ikut trial disana-sini. Ditolak terus, termasuk waktu trial di Persija. Saya bersyukur coach Djadjang jeli melihat potensi saya,” aku pemain yang telah malang melintang di level junior sejak umur 10 tahun tersebut.

Boleh jadi, Persija dan klub-klub yang menolak Billy sekarang agak menyesal. Apalagi asisten pelatih timnas U-22 Bima sakti pun memujinya dan mengusulkan Billy masuk timnas.

“Saya bahagia diterima di klub sebesar Persib. Di sini banyak pemain top, bahkan ada pemain dunia seperti Michael Essien dan Charlton Cole. Saya ingin belajar dari mereka, juga pemain Persib senior lainnya,” komentar Billy, Selasa lalu.

Ambisinya simpel. Ia hanya ingin menjadi pesepak bola profesional, membela timnas Indonesia, dan mengangkat kehidupan keluarga. Sederhana, tapi butuh perjuangan ekstra.

Tetap fokus, Billy. Jangan cepat berpuas diri, apalagi tinggi hati. (SN)

(Visited 8.878 times, 55 visits today)
Editor: Sigit Nugroho