Offside.co.id

Diwarnai Keraguan, Persib Kontrak Carlton Cole Rp 5 Miliar/Musim

Kamis 30 Maret 2017 08:22 WIB

Offside.co.id – Keraguan tak bisa ditutupi kubu Persib terkait perekrutan striker Inggris, Carlton Cole (33), Rabu (29/3/2017) di Jakarta.

Seperti disampaikan manajer Persib, Umuh Muchtar, striker anyar Persib itu telah meneken kontrak kemarin, seusai menjalani tes medis di sebuah rumah sakit di Jakarta, Selasa.

Ia sendiri mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin malam. “Benar, ia sudah resmi bergabung dengan Persib,” ujar Umuh saat on air di PRFM.

Meskipun Umuh tak menyebutkan jumlah nilai kontrak Cole, tapi sebuah sumber membocorkan jumlah kedua pemain top Maung Bandung.

“Cole dikontrak Rp 5 miliar setahun, sementara Michael Essien Rp 8 miliar setahun. Jadi, tidak sampai Rp 10 miliar seperti diberitakan sebelumnya. Tapi ada bonus untuk mereka, dengan kondisi prestasi tertentu,” ujar sumber tersebut.

Penyerang produk akademi sepak bola Chelsea yang menghabiskan 16 tahun kariernya di Britania Raya itu memang berada dalam kondisi sehat. Namun apakah sudah cukup ideal mengarungi sebuah kompetisi, tak satu pun kubu Persib memberikan garansi.

Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, pernah menyatakan tertarik kepada Cole. Namun ia mengakui jika tidak mengetahui tingkat kebugaran sang pemain. Baginya, jika lolos dari pemeriksaan tim medis, itu kabar baik.

Sebelum mendarat di Indonesia, performa cenderung menurun. Bahkan, di dua klub terakhirnya Glasgow Celtic (Skotlandia) dan Sacramento Republic (Amerika Serikat), Cole tak pernah jadi pilihan utama.

Cole menjalani debut profesional bersama Chelsea (vs Everton) pada 6 April 2002 di bawah arahan Claudio Ranieri. Ia masuk menggantikan striker Belanda Jimmy Floyd Hasselbaink. The Blues menang 3-0 di Stamford Bridge.

Selama 16 tahun berkarier di level profesional, ia membela tujuh klub: Chelsea, Wolverhampton Wanderers, Charlton Athletic, Aston Villa, West Ham United, Glasgow Celtic, dan Sacramento Republic (MLS). Persib jadi klub kedelapan Cole.

Total Cole bermain dalam 392 laga dan mengemas 86 gol di semua liga. Periode terbaik karier Cole ketika membela West Ham United. Bersama The Hammers, Cole tampil 292 kali dengan torehan 68 gol.

Ia pernah mengangkat trofi juara Community Shield 2005 dan Liga Primer Inggris musim 2005/2006 bersama Chelsea, serta juara Liga Primer Skotlandia musim 2015/2016 bersama Glasgow Celtic.

Bersama timnas Inggris, Cole mengantongi 7 caps tanpa sekalipun mencetak gol. Harga atau nilai transfer tertinggi Cole adalah 3 juta pound ketika dia dibeli Ham United dari Chelsea pada 5 Juli 2006.

Cole terakhir kali tampil 90 menit penuh kala membela West Ham United (vs Newcastle United) di Stadion St. James Park, 24 Mei 2015. Kontraknya tak diperpanjang The Hammers, ia ditampung Glasgow Celtic pada 22 Oktober 2015.

Gol terakhir Cole adalah saat membela Celtic mengalahkan Stranraer FC 3-0 di babak IV Piala Skotlandia, 10 Januari 2016. Meski dikontrak dua musim hingga 2017, toh Celtic menyudahi kerjasama pada 2016. Ia pun ke AS, berkostum Sacramento Republic. Di sana ia hanya tampil 4 kali tanpa mencetak gol.

Dari rute karier Cole itulah tersirat kubu Persib tampak meragukan kemampuan sang striker. Tentu saja, mereka berusaha menutupi, sambil tetap merasa was-was. Jika tak sesuai harapan, Umuh dan Djadjang sudah hafal reaksi bobotoh.

Umuh pun menyadari statistik Cole yang cenderung menurun. “Mudah-mudahan Cole tidak mengecewakan. Sejelek-jeleknya, dia pemain dunia. Asal jangan cidera saja, sudah bagus kok tidak bermasalah,” tuturnya. (SN)

(Visited 1.281 times, 6 visits today)
Editor: Sigit Nugroho