Offside.co.id

Luis Milla Temukan Kelemahan Indonesia

Minggu 5 Maret 2017 19:03 WIB

Offside.co.id – Pelatih tim nasional Indonesia, Luis Milla Aspas tak membutuhkan waktu lama untuk menemukan kelemahan dalam membangun sepak bola di Tanah Air.

Dalam kesibukannya di sela-sela melakoni proses seleksi terhadap para pemain timnas U-22, pelatih asal Spanyol ini menyempatkan diri hadir pada kursus kepelatihan lisensi C AFC yang diselenggarakan PSSI di National Youth Training Centre (NYTC) PSSI, Sawangan, dari 20 Februari hingga 4 Maret 2017.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

Ia melihat, klub-klub di Indonesia sangatlah kurang dalam berkontribusi mengembangkan bakat-bakat pemain muda dan seakan tidak peduli dengan masa depan pemain muda Indonesia.

“Di Spanyol atau kebanyakan negara Eropa, sudah ada manajemen yang bagus dan pondasi kuat. Kalau ada pemain U-13 dan U-15 muncul, mereka sudah tahu akan bermain di mana selanjutnya,” kata Luis Milla.

Pria 50 tahun ini mencontohkan, di negara-negara yang telah maju sepak bolanya, hampir seluruh klub sangat serius dalam mengembanghkan tim junior. Hal ini diwujudkan dengan pembentukan tim akademi sepak bola.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

“Semua itu karena radar klub sudah bergerak sejak dini. Nah, di Indonesia menurut saya hal itu tidak ada,” tutur Milla. (BM)

(Visited 2.113 times, 2 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid