Offside.co.id

Luis Milla Temukan Kelemahan Indonesia

Minggu 5 Maret 2017 19:03 WIB

Offside.co.id – Pelatih tim nasional Indonesia, Luis Milla Aspas tak membutuhkan waktu lama untuk menemukan kelemahan dalam membangun sepak bola di Tanah Air.

Dalam kesibukannya di sela-sela melakoni proses seleksi terhadap para pemain timnas U-22, pelatih asal Spanyol ini menyempatkan diri hadir pada kursus kepelatihan lisensi C AFC yang diselenggarakan PSSI di National Youth Training Centre (NYTC) PSSI, Sawangan, dari 20 Februari hingga 4 Maret 2017.

Ia melihat, klub-klub di Indonesia sangatlah kurang dalam berkontribusi mengembangkan bakat-bakat pemain muda dan seakan tidak peduli dengan masa depan pemain muda Indonesia.

“Di Spanyol atau kebanyakan negara Eropa, sudah ada manajemen yang bagus dan pondasi kuat. Kalau ada pemain U-13 dan U-15 muncul, mereka sudah tahu akan bermain di mana selanjutnya,” kata Luis Milla.

Pria 50 tahun ini mencontohkan, di negara-negara yang telah maju sepak bolanya, hampir seluruh klub sangat serius dalam mengembanghkan tim junior. Hal ini diwujudkan dengan pembentukan tim akademi sepak bola.

“Semua itu karena radar klub sudah bergerak sejak dini. Nah, di Indonesia menurut saya hal itu tidak ada,” tutur Milla. (BM)

(Visited 2.131 times, 3 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid