Offside.co.id

Mantap! PSSI Akan Bentuk Pengadilan Arbitrase Independen

Sabtu 11 Februari 2017 04:33 WIB

Offside.co.id – Dalam waktu dekat PSSI akan membentuk pengadilan arbitrase independen atau National Dispute Resolution Chamber (NDRC).Fungsi badan yang rencananya beroperasi pada 2018 ini, untuk menangani sengketa yang membelit klub dan pemain.

Untuk membentuk badan tersebut, PSSI mendapatkan bantuan dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memberikan dana sebesar 40 ribu dolar AS atau sekitar Rp 520 juta. Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono.“Dana itu untuk mengadakan seminar, mengundang ahli, menyelesaikan berkas-berkas, menyusun regulasi dan lain-lain sampai nantinya NDRC itu terbentuk,” ujar Djoko di Jakarta, Jumat (10/2).

Anggota dari NDRC terdiri dari perwakilan klub, perwakilan pemain anggota Asosiasi Pemain Sepak Bola Seluruh Indonesia (APPI) dan dari kalangan profesional bidang hukum yang diusulkan oleh PSSI. Soal mekanisme pemilihan anggot, masih dalam pembicaraan PSSI. “Yang jelas kami ingin lembaga independen NDRC ini menjadi wadah yang adil dan bisa menuntaskan sengketa, karena di dalamnya ada perwakilan klub dan pemain,” tambah Djoko.

Akan ada tiga substansi sengketa yang dapat diselesaikan di badan ini. Yaitu, terkait kontrak pemain di klub, kompensasi latihan (training compensation) atau kompensasi yang diberikan klub ketika mengikat kontrak pemain secara profesional kepada klub, serta kompensasi solidaritas yaitu mekanisme penghargaan transfer antarklub.

Sementara itu, FIFA menjadikan Indonesia sebagai satu dari empat negara yang dijadikan proyek percontohan NDRC. Di Asia sendiri hanya ada dua negara yang ditunjuk oleh FIFA membentuk NDRC, yaitu Indonesia dan Malaysia. “Ini bukan karena banyaknya kasus, tetapi kami rasa PSSI memiliki keinginan yang kuat untuk bekerja sama terkait hal ini,” ujar Kepala Sepak Bola Profesional FIFA James Johnson.

(Visited 76 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni