Offside.co.id

Masalah KITAS Cole-Essien Jadi Sorotan Media Asing

Jumat 21 April 2017 08:41 WIB

Offside.co.id – Belum rampungnya pengurusan KITAS atau Kartu Izin Tinggal Terbatas dari dua bintang Persib Bandung, Carlton Cole dan Michael Essien menjadi sorotan beberapa media asing.

Seperti diketahui, Cole dan Essien telah dimainkan oleh Persib pada laga perdana Liga 1 melawan Arema FC meskipun belum mengantongi KITAS. BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) pun mempermalasahkan hal ini.

Permasalahan KITAS Cole dan Essien tak hanya ramai dibahas di Tanah Air, namun juga cukup menyita perhatian dan jadi sorotan media asing.

Goal Internasional, mereka menerbitkan artikel berjudul ‘Essien & Cole face jail for breaking Indonesian immigration laws’ yang artinya Essien dan Cole dihadapkan hukuman pidana karena melanggar undang-undang imigrasi Indonesia.

BACA JUGA :   Kolarov Antar Kemenangan Serbia

Media asal Inggris, Daily Star, turut memberikan judul serupa ketika menyoroti permasalahan KITAS Cole dan Essien: ‘Ex-Premier League star Michael Essien and Carlton Cole ‘face jail’ in Indonesia.’

Artikel Daily Star tersebut menyoroti permasalahan Persib yang belum menyelesaikan KITAS kedua pemain asing tersebut, termasuk membahas hukuman minimal hingga maksimal yang bisa didapatkan Cole dan Essien.

Sementara itu permasalahan KITAS tersebut saat ini tengah dalam proses.

“Dari pihak Persib sudah datang ke sini, saya sudah lihat surat dokumennya,” kata Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Agustianur dikutip dari Tribun.

Kendati begitu, dari dokumen yang diajukan Persib, terdapat beberapa persyaratan yang belum dilengkapi.

BACA JUGA :   Tahan Brasil, Swiss Ingin Pengakuan Lebih

“Tapi belum memenuhi persyaratan untuk diajukan menjadi memperoleh Kitas,” ujarnya.

Dikatakan Agustianur, Cole dan Essien baru mengantongi izin tinggal kunjungan. Menurutnya masih ada beberapa persyaratan yang belum dimiliki, salah satunya rekomendasi dari dinas tenaga kerja.

“Kalau proses pembuatan KITAS itu cepat, dia datang dengan syarat lengkap langsung besok selesai kan gitu,” kata Agustianur. (BM)

(Visited 107 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid