Offside.co.id

Mau Kontrak Essien? Ini Jumlah Uang yang Harus Disediakan!

Senin 13 Maret 2017 14:59 WIB

Offside.co.id – Publik sepakbola Indonesia tengah diramaikan oleh kemunculan sosok pemain asal Ghana, Michael Essien. Gelandang enerjik yang pernah menjadi bintang lapangan di Chelsea itu dikabarkan sedang bersiap melakukan negosiasi dengan salah satu klub papan atas Indonesia anggota Liga1. Namun siapa klub yang punya hasrat mengontrak pemain ini masih menjadi teka-teki.

Untuk ukuran mantan pemain kelas dunia Essien yang kini berumur 34 tahun itu masih sangat ideal berlaga di kompetisi Indonesia. Kualitas dan kemampuan individu pemain kelahiran Accra, 3 Desember 1982 itu masih sangat mumpuni. Pemain sekelas Essien yang sudah malang melintang di klub-klub besar Eropa seperti, Olympique Lyon, Bastia, Real Madrid, AC Milan, dan Panathinaikos itu tentunya tidak sulit beradaptasi.

(Foto: Transfermarkt.com)

Melihat data performance yang dimiliki Essien, seperti tertera di transfermarkt tentu tak usah diragukan lagi. Bersama Chelsea (2005-2014) dia tampil sebanyak 256 kali dan mencetak 25 gol, serta 18 assist. Sedangkan saat di Lyon (2003-2005) Essien bermain dalam 92 kali dan mencetak 13 gol. Sementara saat dipinjamkan ke Real Madrid (2012-2013) dia bermain sebanyak 35 kali dan mencetak 2 gol.

Lalu berapa nilai jual Essien saat ini?

Berdasarkan data di transfermarkt, nilai Essien saat ini di kisaran angka 800.000 euro atau kalau dirupiahkan berkisar Rp 12,5 Miliar untuk kontrak satu musim. Angka ini merupakan catatan terakhir yang dia terima saat dipinang klub Yunani, Panathinaikos tahun 2015. Status Essien sendiri saat ini adalah pemain bebas transfer.

Dengan statusnya kini, tidak heran jika pada akhirnya Essien akan membela salah satu klub Indonesia. Namun untuk bisa mengontrak Essien, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. (KS)

(Visited 2.028 times, 3 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo