Offside.co.id

Menpora Ajak Perkuat Pondasi Sepak Bola Indonesia

Senin 6 Februari 2017 10:43 WIB

Offside.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi menyampaikan komitmen pemerintah Indonesia untuk turut mendukung perbaikan di dunia sepak bola Indonesia. Salah satunya melalui penguatan pembinaan usia dini di akademi dan sekolah sepak bola.

Imam mengatakan, pemerintah saat ini telah serius menata pembinaan usia dini. Salah satunya melalui program satu desa satu lapangan yang telah dicanangkan oleh Kemenpora. Namun untuk tahun 2018, Imam akan memasukkan program tersebut ke APBN.

“Saat ini dana dari kementerian. Untuk 2018, kami akan mendorong bisa dimasukkan ke APBN di anggaran dana desa. Karena akan naik dua kali lipat. Jadi dana dari Kemenpora dan BUMN nantinya difokuskan ke pembangunan lapangan yg berstandart,” ujar Imam saat meninjau sekolah sepak bola Aji Santoso International Football Academy (ASIFA), kemarin (5/2).

Dia mencontohkan seperti ASIFA yang telah berintegrasi antara swasta dan pemerintah setempat membangun sekolah sepak bola. “Bagus seperti ini. Lapangan pemerintah yang buat, pihak swasta yang menggunakan untuk membangun sekolah sepak bola. Perlu banyak lagi  seperti ASIFA di kota lain,” lanjutnya.

Dia juga telah mengaktifkan kembali Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang juga sudah dilakukan oleh Kemenpora. Imam menyebut telah ada 16 PPLP yang aktif. Namun kekurangan PPLP menurut Imam masih belum terintegrasi dengan baik. Ia juga meminta PSSI untuk bisa merangkul PPLP.

“Selama ini masih belum terintegrasi. Kami mendorong PSSI untuk bersinergi dan punya road map untuk menciptakan pemain berkualitas,” tutupnya. (FM)

(Visited 67 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid