Offside.co.id

Michael Essien: Dulu Harganya Rp569 Miliar, Sekarang…..

Rabu 15 Maret 2017 00:32 WIB

Offside.co.id – Berapakah sejatinya harga Michael Essien di Persib Bandung? Pertanyaan kritis itu selalu muncul di benak setiap orang. Maklum, tak mudah bagi klub di Indonesia bisa mendatangkan pemain yang pernah merasakan gelar juara di Liga Champions Eropa. Bukannya apa-apa, selain harganya dianggap masih mahal, pemain yang bersangkutan biasanya enggan untuk merumput di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Dikutip dari transfermarkt.com, nilai jual gelandang berumur 34 tahun itu sempat naik turun. Pada saat didatangkan Chelsea dari Olympique Lyon pada 19 Agustus 2005, Essien mencatatkan market value termahal dalam kariernya. Ketika itu market value dia mencapai 45 juta Euro atau setara Rp 569 miliar!

Setelah itu, pelan-pelan harganya turun. Saat didatangkan Real Madrid dari Chelsea pada 31 Agustus 2012, harga Essien diperkirakan sekitar 24 juta euro atau setara dengan Rp341,2 miliar.

Pada 25 Januari 2014, pemain asal Ghana itu hengkang ke AC Milan dengan status free transfer. Namun harga dia ketika itu, dianggap masih mahal. Sekitar 7,5 juta Euro.

Setelah hengkang dari Milan, Essien melanjutkan kariernya ke Panathinaikos. Dari klub inilah, harganya turun drastis. Diperkirakan hanya sekitar 600 ribu Euro atau setara dengan Rp 8,5 miliar. Maklum, ketika itu, Essien rentan cedera. Ia susah tampil pada level terbaiknya.

Sedangkan di Persib Bandung, transfermarkt memperkirakan market value Essien senilai 800 ribu Euro atau setara dengan Rp11,4 miliar. Lantas, berapakah nilai kontrak Essien di Maung Bandung? Seperti klub-klub Indonesia umumnya, Persib ogah mengumumkan nilai resminya. Tapi yang jelas, harganya cocok bagi Essien.

“Saya memilih Persib, karena klub ini sangat serius meminati saya. Di lain itu, saya juga ingin membantu perkembangan sepak bola Indonesia,” kata Essien, usai diperkenalkan ke publik. (HM)

(Visited 13.200 times, 6 visits today)
Editor: Hanif Marjuni