Offside.co.id

Naik Pangkat! Bima Sakti Jadi Asisten Pelatih Timnas

Jumat 27 Januari 2017 14:49 WIB

Offside.co.id – Terjawab sudah teka-teki asisten pelatih Luis Milla yang diusung dari pelatih lokal. Rupanya sosok yang dipilih bukan pelatih berpengalaman seperti Nil Maizar. Namun justru figur yang musim lalu menempati posisi asisten pelatih plus pemain di Persiba Balikpapan, Bima Sakti.

Hal itu ditegaskan langsung oleh Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi saat pelantikan pengurus PSSI periode 2016-2020, Jumat (27/1/2017). “Kami memilih Bima karena dia mumpuni. Kami menginginkan dia menjadi pelatih pada masa depan,” kata Edy.

Sebelumnya, Milla sempat diberitakan akan membawa dua asisten pelatih dari Spanyol. Namun belum diumumkan siapa yang ditunjuk sebagai asisten pelatih dari deretan pelatih lokal.

Meski masih aktif sebagai pemain, Bima sudah mengantongi lisensi kepelatihan. Pada 2010 lalu misalnya. Ia sudah ikut kepelatihan lisensi C nasional bersama legenda timnas primavera, Kurniawan Dwi Yulianto.

Lalu, pada 2015, Bima Sakti sudah memiliki lisensi kepelatihan B AFC. Tahun ini, ia mengejar lisensi berikutnya. “Saya juga maunya uppgrade lisensi ke A-AFC. Kalau bisa dan memungkinkan tahun ini juga,” kata Bima Sakti.

Pada 2016 lalu sejatinya ia mendapatkan menjadi asisten pelatih timnas di Piala AFF. Tapi, tawaran itu ditolak lantaran sosok yang terkenal dengan tendangan geledeknya ini masih berstatuskani pemain sekaligus merangkap sebagai asisten pelatih Jaino Matos.

(Visited 317 times, 7 visits today)
Editor: Hanif Marjuni