Offside.co.id

Pelatih Timnas, Mengerucut ke Milla?

Jumat 13 Januari 2017 15:36 WIB

Offside.co.id – PSSI masih menebar teka-teki. Kursi kepelatihan timnas akan ditentukan pada pekan depan. Saat ini PSSI masih menggodok semua kemungkinan di posisi panas tersebut. Kandidat terpilih antara dua nama, yakni Luis Fernandez dan Luis Milla Aspas.

Dua-duanya terbilang pelatih beken. Segudang prestasi mentereng sanggup diukir kedua pelatih yang berdarah Spanyol tersebut. Fernandez pernah menangani Paris Saint-Germain, Athetic Bilbao, Espanyol, timnas Israel, dan terakhir timnas Guinea pada tahun lalu.

Sementara Milla pernah membawa timnas Spanyol U-21 dan menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2011 lalu. Sayangnya, di level senior, belum ada catatan memuaskan yang diukir Milla.

Soal gaji, keduanya juga sami mawon. Sama-sama mahal. Fernandez contohnya, ia dibayar sebesar 488 ribu euro setahun saat ditunjuk melatih timnas Israel pada 2010 silam. Jumlah itu setara dengan Rp 7,95 miliar per tahun atau Rp 660 juta sebulan. Bayaran Milla boleh jadi tak jauh-jauh dari itu.

BACA JUGA :   Klock dan Pluim Bakal Repotkan Maung Bandung

Siapa yang akan dipilih PSSI? Negosiasi tengah dilakukan. Dalam perkembangannya, banyak hal-hal non teknis yang menyulitkan. Contohnya, Fernandez dikabarkan meminta klausul yang agak memberatkan PSSI. Yakni ia tak ingin menetap sementara di Jakarta dan wilayah Indonesia lainnya. Ia ingin datang seminggu sekali atau rentan waktu singkat lain, sesuai kesepakatan.

Situasi inilah yang bikin PSSI harus berpikir ulang. Bukannya apa-apa. Pelatih timnas terpilih nantinya punya waktu lama untuk timnas. Bukannya apa-apa, target timnas kali ini sangat tinggi. Ia harus fokus dan total untuk Garuda.

Sementara itu, klausul memberatkan tak diminta Luis Milla. Ia lebih fleksibel. Hal inilah yang diprediksi membuatnya akan terpilih sebagai pengganti Alfred Riedl.

Di sisi lain, Kedutaan Besar Republika Indonesia (KBRI) di Spanyol mengabarkan, Luis Milla bakal bertandang ke Indonesia. Duta Besar Indonesia, di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso mengungkapkan, mantan pelatih Real Zaragoza tersebut, bakal bertolak ke Jakarta pada Selasa (17/1).

BACA JUGA :   Gulung Stoke, City Kokoh di Puncak

Menurut Yuli, kedatangan Milla ke Jakarta, memang terkait dengan proses penunjukkannya sebagai pelatih timnas Garuda. Pelatih asli Spanyol tersebut, bakal bertemu dengan federasi nasional. “Milla baru akan ke Jakarta, Selasa (17/1) besok untuk mempresentasikan dulu,” ujar dia.

Jika saja nantinya PSSI puas dan cocok dengan Milla, secepatnya akan dilakukan penandatanganan kontrak. Selanjutnya, pengajuan visa bekerja di Indonesia, akan diajukan atas rekomendasi PSSI sebagai otoritas resmi penerima Milla.

Jadi, apakah ini berarti Milla akan terpilih sebagai pelatih timnas? Kita tunggu saja.

(Visited 748 times, 3 visits today)
Editor: Hanif Marjuni