Offside.co.id

Pemain Asing Boleh Pakai Visa Turis, Asalkan…

Sabtu 4 Februari 2017 08:20 WIB

Offside.co.id – Piala Presiden 2017 mulai digulirkan hari ini, Sabtu 94/2). Terkait perhelatan itu, PSSI memperkenankan klub-klub peserta untuk mengurus administrasi pemain asingnya dengan memakai visa turis.

Akan tetapi, itu tidak mutlak. Ada syarat yang harus dipenuhi. “Terkait izin pemain asing, syarat yang dimintakan adalah visa kunjungan usaha [VKU]. Pemain asing boleh tetap mengikuti fase grup turnamen dengan visa turis,” ujar direktur hubungan internasional dan media PSSI Hanif Thamrin, dalam rilis resminya.

Lebih lanjut Hanif menambahkan, dalam prosesnya, klub menyertakan dokumen berupa bukti surat resmi dari klub yang sudah mulai menjalankan proses permohonan VKU ke imigrasi. “Panpel akan menjembatani komunikasi terkait hal ini kepada BOPI [Badan Olahraga Profesional Indonesia],” ujar dia.

Di turnamen Piala Presiden 2017, pendaftaran pemain asing dibatasi hingga Selasa, 7 Februari 2017. Sedangkan untuk pendaftaran pemain lokalnya, akan ditutup dua hari kemudian atau Kamis, 9 Februari 2017.

Sampai saat ini, banyak kontestan Piala Presiden 2017 yang masih dalam tahap seleksi pemain. Terutama pemain asingnya. Maklum, adanya pengurangan kuota pemain impor, membuat klub dituntut jeli dalam mengontrak legiun asing.

(Visited 186 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni