Offside.co.id

Pernah Sogok Wasit, ‘Candaan’ Ketum PSSI ke Iwan Budianto

Rabu 8 Februari 2017 13:24 WIB

Offside.co.id – Pengakuan mengagetkan muncul dari Kepala Staf Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (Kastaftum PSSI) Iwan Budianto, di acara pengambilan sumpah wasit Piala Presiden 2017, Kamis (2/2).  Di acara yang digelar di Markas Besar Komando Strategis Angkatan Darat (Makostrad), Gambir, Jakarta Pusat itu, Iwan Budianto mengaku pernah menjadi tukang suap wasit.

Pengakuan itu terlontar saat Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menjadi komandan pengambilan sumpah hakim pertandingan tersebut. Usai pengambilan sumpah, pria yang juga menjabat sebagai Pangkostrad ini sempat berseloroh tentang skandal sogok menyogok wasit selama kompetisi resmi bikinan PSSI selama ini.

Nah, salah satu yang ditunjuk Edy pernah terlibat, yakni Iwan yang kini sebagai bawahannya di kepengurusan PSSI. “Termasuk kau kan, Wan. Kau kan nyogok juga dulu itu main,” kata Edy sambil menunjuk-nunjuk Iwan, seperti yang dituliskan Republika.co.id.

Iwan pun tak berkutik. Manajer yang sukses mengantarkan Persik Kediri juara Liga itu cuma bisa tersenyum sambil memberikan jawaban singkat. “Dulu. Insya Allah sekarang nggak, Pak,” kata Iwan.

Edy pun menimpali jawaban anak buahnya itu dengan mengungkapkan kegusarannya. “Saya tahu itu. Bukan saya tak tahu,” kata Edy.

Dalam sambutannya, Edy meminta kasus sogok menyogok wasit dihentikan. Ia ingin sepak bola Indonesia dikelola secara profesional dan bersih.

Sementara itu, terkait ‘candaan’ ketum PSSI ke Kastaftum PSSI tersebut, banyak memunculkan pro dan kontra. Bagi yang setuju, tudingan itu dianggap sebagai indikasi akan adanya perhatian yang serius terhadap aksi suap wasit.

Bagi yang tak setuju, apa yang dilontarkan Ketum diangggap sebagai aksi yang memalukan terhadap reputasi Iwan Budianto selama ini. “Harusnya tidak diucapkan di hadapan deretan wasit dan wartawan. Jika seseorang berbuat salah, tidak seharusnya disampaikan di depan umum,” ucap salah satu manajer tim di kasta tertinngi tersebut pada Offside.co.id. (HM)

(Visited 298 times, 2 visits today)
Editor: Hanif Marjuni