Offside.co.id

Persipura Bangkit, Arema Gagal Amankan Poin

Senin 30 Oktober 2017 17:35 WIB

Offside.co.id – Arema boleh mencetak gol lebih dulu dan membuat ketar-ketir Persipura Jayapura. Tapi bukan tim “Mutiara Hitam” namanya jika tak mampu bangkit dan keluar dari tekanan serta mencetak gol balasan ke gawang lawan. Persipura memperlihatkan tajinya untuk membalik keadaan dari ketertinggalan 0-1 menjadi 3-1 dalam lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu sore.

Bermain agresif dan terbuka Boaz Solossa dkk justru kebobolan lebih dulu ketika Arema mendapatkan penalti di menit ke-12, menyusul pelanggaran yang dilakukan Adisson terhadap Arthur Cunha. Ahmate Atayev yang tampil sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan emas ini untuk membuat Arema unggul 1-0.

Arema tampil bertahan total. Serangan bergelombang Persipura selalu berhasil mereka halau. Namun demikian, Persipura tak terlihat putus asa. Perlahan tapi pasti, tim asuhan Wanderley Junior itu akhirnya mampu membalik keadaan pada sepuluh menit terakhir babak kedua.

Agresivitas Persipura makin terlihat di babak kedua ketika Wanderley memasukkan Ferry Pahabol menggantikan Adisson dan Izak Wanggai menggantikan Yan Nasadit.

Sentuhan pertama Pahabol di babak kedua langsung menghasilkan peluang emas bagi Persipura, namun masih belum mampu menggetarkan gawang Arema yang dikawal Utam Rusdiana. Bahkan aksi Pahabol berikutnya membuahkan penali bagi Persipura. Sayangnya, peluang dari tendangan penalti ini gagal dijalankan dengan baik oleh Boaz ketika tendangannya membentur mistar gawang.

Merasa perlu tambahan kekuatan di barisan depan, Persipura kemudian memasukkan Marinus Wanewar menggantikan Prisca Womsiwor. Serangan anak-anak Persipura pun semakin berbahaya.

Usaha keras Persipura baru bisa dinikmati pad amenitke-83 ketika sebuah aksi Boaz yang menusuk dari rusuk kanan pertahanan Arema tak mampu dihentikan. Boaz melepaskan umpan tarik ke gawang. Bagas Adi yang bermaksud menghalau bola gagal melakukan tugasnya dengan baik. Bola meluncur ke gawang sendiri. Skor pun berubah 1-1.

Selanjutnya gol demi gol pun seperti lebih mudah mengalir. Marinus Manewar berhasil membuat keunggulan di menit ke-88 setelah memanfaatkan uman silang Ruben Sanadi. Sedangkan gol ketiga Persipura diciptakan Osvaldo Ardiles Haay pada menit ke-92.

“Saya bangga kepada anak-anak karena mereka bisa membalas ketertinggalan dengan motivasi tinggi, setelah dibabak pertama buat kesalahan. Usaha mereka sangat maksimal untuk upayakan kemenangan,” kata Wanderly, pelatih Persipura, seusai pertandingan seperti dilansir Antara.

Hasil ini menempatkan Persipura di urutan ketiga klasemen sementara dengan nilai 59, menggeser posisi Bali United yang turun ke posisi keempat dengan nilai 56. Sedangkan Arema berada di urutan kesembilan nilai 46. (KS)

(Visited 31 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo