Offside.co.id

Peruzzi, Dari Buffon Hingga Donnarumma

Sabtu 21 Mei 2016 12:44 WIB

Penjaga gawang legendaris Juventus, Angelo Peruzzi menilai, Gianluigi Buffon masih menjadi yang terbaik di Italia. Menurutnya, sosok Buffon masih dibutuhkan di perhelatan Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang.

Faktor pengalaman Buffon ikut menentukan kiprah Gli Azzurri di dua turnamen kelas dunia tersebut. “Saya pikir Buffon masih jadi yang terbaik di tempatnya, sampai dia sudah tak mampu lagi,” ujar Angelo Peruzzi di hadapan wartawan.

Sebelum memperkuat tim senior, Buffon sudah mengantongi jam terbang di level kelompok umur. Kiper yang kini berusia 38 tahun itu tidak pernah absen sejak tampil di U-16 hingga U-23 Italia.

Mantan kiper Parma itu telah memperkuat timnas Italia pada usia 19 tahun dengan mengantongi 158 caps. Hingga kini, posisi Buffon tidak tergantikan di bawah mistar gawang Italia. Bahkan, Peruzzi yang diboyong ke Piala Dunia 2006 di Jerman menjadi pelapis Buffon.

BACA JUGA :   Madura United Langsung Tancap Gas

Untuk Piala Eropa 2016 mendatang, Antonio Conte selaku pelatih timnas Italia menyertakan tiga kiper: Federico Marchetti (Lazio), Antonio Mirante (Bologna), Marco Sportiello (Atalanta).

Nama Buffon masih belum disertakan dalam tim bayangan Italia tersebut lantaran masih akan membela Juventus di final Piala Italia menghadapi Milan, Sabtu (21/5). Buffon sendiri pekan lalu baru saja memperpanjang kontraknya dengan Juventus hingga 2018.

Piala Dunia 2018 pun disebut-sebut bakal jadi turnamen besar terakhir Buffon sebelum dia mundur dari timnas atau malah gantung sepatu. Sebab saat itu Buffon sudah berumur 40 tahun.

Terkait dengan penjaga gawang masa depan yang berpotensi menggantikan Buffon, Peruzzi sendiri dengan mudah langsung mengucapkan nama kiper muda AC Milan, Gianluigi Donnarumma.

BACA JUGA :   Persib Sukses Menangi Laga Perdana

“Donnarumma sepertinya punya masa depan bagus. Tapi kiper lain juga bagus. Nanti saja setelah Piala Eropa bahkan setelah Piala Dunia. Untuk sekarang kita masih akan bersama Buffon,” tutur Peruzzi.

Angelo Peruzzi tampaknya sangat menikmati kunungannya ke Indonesia. Datang bersama legenda sepakbola Italia lainnya yang tergabung dalam Calcio Legend, mantan kiper yang berjuluk Pendekar (Pendek dan Kekar) ini begitu ramah dan murah senyum melayani permintaan foto dan tandatangan para penggemar, khususnya fans Juventus.

Peruzzi bersama tim Calcio Legend akan berhadapan dengan para legenda Indonesia yang pernah menimba ilmu sepakbola di Italia, Primavera Baretti. Laga Calcio Legend melawan Primavera Baretti akan berlangsung pada Sabtu (21/5) malam WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (BM)

(Visited 150 times, 4 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid