Offside.co.id

Awas! Ancaman Tik Tok ala Thailand

Jumat 9 Desember 2016 15:34 WIB

Offside.co.id – Sepak bola Thailand masih dianggap yang terbaik di kawasan ASEAN. Kurang lebih dalam 15 tahun terakhir, beragam gelar di kancah regional, seolah-olah mudah mereka kantongi. Mulai dari tiga kali juara di Piala AFF, lima kali juara Kings Cup, hingga dua kali jawara T & T Cup.

Berganti-ganti pelatih timnas pun, tak membuat prestasi sepak bola negeri ini menukik. Sejak ditangani Peter Withe dari 1998-2002, Thailand sudah 9 kali berganti pelatih. Mereka adalah Carlos Roberto, Chatchai Paholpat, Siegfried Held, Chranwit Polcheeewin, Peter Reid, Bryan Robson, Wilnfried Schafer, Surachai Jaturapattarapong, hingga Kiatisuk Senamuang.

Masing-masing pelatih membawa karakter yang berbeda. Ada yang memuja mirip permainan tim-tim Inggris, ada pula yang mengandalkan kecepatan khas pemain-pemain Thailand.

Kini, di bawah kepelatihan Kiatisuk Senamuang, gaya penampilan Thailand berbeda lagi. Pelatih berumur 43 tahun menyebut gaya permainan yang diterapkan ke pemainnya dengan istilah ‘tiktok.’ Agak mirip dengan tiki-taka ala Barcelona.

“Menerima, berlari, mengoper, menerima, berlari, mengoper, dan begitu seterusnya. Itulah tik-tok,” ucap Kiatisuk kepada Singapore Straits Times.

(Visited 3.346 times, 10 visits today)
Editor: Hanif Marjuni