Offside.co.id

Dukungan Timnas di Bangkok: Dari Pacar, Istri, Hingga Panglima TNI

Sabtu 17 Desember 2016 06:51 WIB

Offside.co.id – Faktor dukungan dari orang-orang terdekat akan sangat berpengaruh terhadap mental pemain yang bertanding pada laga kedua final Piala AFF 2016. Ketika ada orang-orang terdekat hadir di stadion, maka semangat pemain akan berlipat. Hal itu disadari betul oleh PSSI.

Untuk menjaga semangat para pemain, PSSI memberangkatkan keluarga pemain. Hal itu dibenarkan dua Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto dan Joko Driyono. Keduanya menginformasikan keluarga pemain timnas telah difasilitasi untuk menonton partai final kedua Piala AFF 2016.

Satu hari sebelum laga atau Jumat (18/12/2016), Kostrad TNI AD atas instruksi Pangkostrad sekaligus Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mengoordinasikan keberangkatan keluarga para pemain dan staf pelatih.

“Itulah spesialnya Pak Edy. Dari pagi, kami mengerahkan seluruh pasukan untuk mencari nomor kontak keluarga pemain. Hasilnya, ada 33 orang mengonfirmasi sampai setelah shalat Jumat,”ucap Iwan Budianto kepada beberapa media.

“Mereka akan berangkat dengan pesawat carteran besok pagi. Semua sudah dibawa ke Jakarta hari ini,” tambah dia.

Turut serta di dalam daftar anggota keluarga yang berangkat tersebut dari Boaz Solossa, Stefano Lilipaly, Evan Dimas, hingga Hansamu Yama. Sebelumnya Risma Syahrozad, pacar Lerby Eliandry dan Okie Agustina yang merupakan istri Gunawan Dwi Cahyo, sudah tiba di Bangkok sejak Kamis.

Tak ketinggalan dukungan dari pemerintah. Presiden Jokowi Jokowi sudah mengutus sejumlah jajarannya untuk memberikan dukungan langsung ke timnas. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, hingga Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, akan hadir langsung di Stadion Raja Manggala, Bangkok. “Ya mudah-mudahan dengan kehadiran itu menambah semangat,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung  di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (16/12/2016).

Di luar nama-nama di atas, tentunya masih banyak ratusan suporter fanatik Indonesia yang akan berada di Bangkok. Kehadiran mereka, diharapkan akan menjaga semangat pemain untuk meraih gelar juara Piala AFF untuk pertama kalinya. Maklum, dipastikan Thailand akan didukung ribuan suporternya.

(Visited 2.078 times, 4 visits today)
Editor: Hanif Marjuni