Offside.co.id

Indonesia Bisa Seperti Italia 2006

Rabu 14 Desember 2016 10:09 WIB

Offside.co.id – Timnas Indonesia mengejutkan! Diprediksi tak akan berbuat banyak di Piala AFF 2016, ternyata Boaz Solossa dkk malah lolos hingga babak final. Jika mulus, selangkah lagi akan juara. Akankah itu bisa dilakukan?

Semua bisa saja terjadi. Tengok apa yang terjadi dengan timnas Italia pada saat mereka menjuarai Piala Dunia 2006. Saat itu, tak banyak yang mengunggulkan Gli Azzurri akan menjadi yang terbaik di turnamen empat tahunan tersebut. Maklum, kompetisi internal mereka tengah menjadi sorotan dunia karena kasus Calciopoli. Semua mencibir Gianluigi Buffon dkk.

Apa lacur, Gli Azzurri justru tampil digdaya. Pada penyisihan grup E, Italia menang atas Ghana dan Rep. Ceko. Kemudian, ditahan imbang  AS. Pada babak 16 besar, menang tipis 1-0 atas Ustralia. Lalu, pada babak 8 besar, sukses menjungkalkan Australia 1-0 dan di babak semifinal menang 2-0 atas Jerman. Pada babak final, jungkalkan Prancis 5-3 via adu penalti.

Apa yang dialami Italia pada 2006 itu mirip dengan timnas Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2016. Seperti yang diketahui, sepakbola Indonesia baru saja ‘diamputasi’ FIFA. Gara-garanya, dianggap ada keterlibatan pemerintah. Alhasil, selama setahun kompetisi Indonesia seperti mati suri. Merah Putih tak bisa tampil di ajang apa pun.

(Visited 1.048 times, 3 visits today)
Editor: Hanif Marjuni