Offside.co.id

Kalahkan Indonesia, Thailand Juara Piala AFF 2016

Sabtu 17 Desember 2016 21:02 WIB

Offside.co.id – Selesai sudah perjuangan tim nasional Indonesia di arena Piala AFF 2016. Harapan untuk menorehkan sejarah baru gagal dilakukan setelah tumbang 0-2 di pertemuan kedua babak final yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12).

Dua gol Thailand masing-masing diciptakan Sirod Chatthong pada menit ke-37 dan  47. Thailand unggul dengan agregat 3-2 dari dua pertemuan. Thailand sebenarnya memiliki kesempatan menambah golnya dari titik penalti setelah Chatthong dijatuhkan Kurnia Meiga di kotak penalti. Namun, eksekusi penalti yang dilakukan kapten tim Terassil Dengda mampu dipatahkan Meiga.

Dalam laga ini satu pemain Indonesia, Abdul Lestaluhu diusir wasit karena kartu merah, setelah dengan sengaja menendang bola ke bangku cadangan Thailand.

Wartawan Offside.co.id, Kesit B Handoyo melaporkan langsung dari Bangkok, Thailand, kemenangan ini sekaligus kembali mengukuhkan dominasi Thailand sebagai tim yang menorehkan lima kali juara Piala AFF (1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016), mengungguli Singapura yang mencatat empat kali juara.

Sedangkan bagi Indonesia, inilah final kelima yang kembali berujung kepada predikat runner-up (2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016).

Keunggulan 2-1 yang dicatat Indonesia pada pertemuan pertama tidak saja gagal dipertahankan. Upaya untuk mengamankan hasil ini pun tidak mampu dilakukan. Sebaliknya timnas Thailand yang dituntut menang tampil lebih agresif dibandingkan saat di Pakansari, Bogor.

Sejak menit pertama ditiup wasit, Thailand langsung menggebrak lewat serangan cepat yang dibangun dari sayap kiri melalui  Theerathon Bunmathan. Sempat terjadi gol di gawang Indonesia pada menit ke-3, namun dianulir wasit setelah salah seorang pemain Thailand sudah berada pada posisi offiside.

Dominasi Thailand sangat terlihat saat mereka melakukan tekanan demi tekanan ke pertahanan Indonesia. beberapa kali gawang Kurnia Meiga terancam dari pemain-pemain Thailand yang begitu leluasa bergerak di daerah pertahanan Indonesia.

 

 

 

 

 

(Visited 499 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo