Offside.co.id

Ketika Dua Finalis Mengejar Sejarah

Sabtu 17 Desember 2016 06:13 WIB

Offside.co.id – Pertandingan kedua final Piala AFF 2016 akan berlangsung hari ini, Sabtu, 17 Desember 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok. Laga tersebut akan mengusung misi sejarah bagi kedua tim.

Pada laga pertama, Merah Putih menang 2-1 (14/12). Jika saja Merah Putih juara, inilah gelar pertama sepanjang ikut di Piala AFF setelah sebelumnya empat kali hanya sebagai runner-up. Yakni pada 2000, 2002, 2004 dan 2010.

Sedangkan bagi Thailand, jika sukses meraup gelar juara, maka Negeri Gajah Putih dipastikan akan menjadi tim pertama yang meraih lima kali gelar juara di ajang ini. Sebelumnya mereka mampu meraihnya pada 1996, 2000, 2002, dan 2014.

Pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang yakin, gelar juara Piala AFF akan bertahan di Thailand. Ia menyebut, faktor laga kandang di laga kedua, akan memberikan semangat tambahan bagi pemain.

“Leg kedua akan berjalan menarik. Kami hanya perlu kemenangan 1-0 untuk menjadikan Thailand sebagai juara lagi tahun ini,” ujar dia, seperti dikutip dari Bangkok Post, Kamis (16/12). “Jika para pemain memahami taktik saya dan para suporter memenuhi stadion, kami pasti menang.”

Pelatih Indonesia, Alfred Riedl membenarkan jika Thailand masih layak disebut sebagai tim terbaik Asia Tenggara. Sedangkan timnya, tak diunggulkan sama sekali. Meski begitu, Riedl juga yakin, Indonesia bisa meraup gelar juara.

“Kami sebelumnya dianggap underdogs. Tapi kami sudah melaju lebih dari yang diperkirakan sebelumnya. Sekarang, kami telah melewati ekpektasi itu, dan kami tidak memiliki tekanan,” ucap dia pada dikutip Fox Sports Asia, Jumat (16/12).

“Target kami adalah bermain dengan baik selama 90 menit dan memberikan perlawanan kepada Thailand semaksimal mungkin, karena mereka adalah tim yang lebih difavoritkan,” pungkas Riedl.

(Visited 269 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni