Offside.co.id

Kuda Hitam Itu Bernama Indonesia

Jumat 9 Desember 2016 13:51 WIB

Offside.co.id – Banyak yang tertegun dengan keberhasilan Indonesia melangkah ke babak final Piala AFF 2016. Maklum, dibandingkan kontestan lain, sejatinya persiapan Indonesia sangat minim. Ditambah lagi, sepak bola negeri ini baru saja ‘diamputasi.’ Harus menjalani sanksi FIFA selama kurang lebih setahun lamanya.

John Duerden, koresponden sepak bola Asia untuk  The Guardian, BBC, ESPN, dan New York Times menyebut Indonesia pantas diwaspadai sebagai kuda hitam di Piala AFF 2016. Alasannya, permainan Boaz Solossa dkk saat ini telah menunjukkan identitas baru.

“Tidaklah terlalu dini untuk mengatakan Indonesia bisa menjadi juara. Itu tetap memungkinkan. Vietnam dan Thailand mungkin masih lebih kuat tetapi tidak ada tim mana pun di Asia Tenggara bisa melakukan seperti yang ditunjukkan Merah Putih ketika berubah jadi semangat, energi, serta intensitas,” tulis Duerden dalam analisisnya untuk Fox Sport sebelum laga kedua semifinal lalu.

“Tidak akan ada yang akan meremehkan Indonesia sekarang terutama tahun 2016 ini. Saat ini tahunnya tim-tim kuda hitam,” tambah dia.

(Visited 15.989 times, 2 visits today)
Editor: Hanif Marjuni