Offside.co.id

Piala Gubernur Kaltim Akan Dimajukan

Rabu 10 Februari 2016 11:14 WIB

Pelaksanaan turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur akan dipercepat dari rencana sebelumnya. Seharusnya pembukaan atau kick off dilakukan 5 Maret 2016. Namun, panitia pelaksana mengusulkan turnamen ini dimajukan pada 27 Februari, dan berlangsung hingga 13 Martet 2016.

Sekretaris Panitia Pelaksana, Fachrudin Japrie, mengatakan perubahan jadwal tersebut sudah dilaporkan kepada Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak, Tim Transisi, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Bahkan Kamis (11/2), panitia ke Jakarta untuk bertemu Tim Transisi. “Kami akan membicarakan usulan percepatan turnamen,” ujarnya.

Menurut Fachrudin, waktu turnamen yang sebelumnya dihelat 23 hari juga dipersingkat menjadi 16 hari. Secara teknis, pelaksanaan pertandingan juga akan berubah. Diantaranya dalam sehari dilakukan dua atau tiga pertandingan. “Tapi belum diputuskan,” kata dia.

Turnamen sepakbola Piala Gubernur Kalimantan Timur digelar untuk memperingati hari jadi provinsi ke-59 di Indonesia tersebut. Panitia sudah menyiapkan tiga stadion untuk menggelar turnamen. Masing-masing Stadion Segiri di Samarinda, Stadion Aji Imbut di Tenggarong dan Stadion Balikpapan di Kota Balikpapan.

Masing-masing stadion ditunjuk klub sebagai tuan rumah. Pusamania Borneo FC menjadi tuan rumah di Stadion Segiri, Mitra Kukar tuan rumah di Stadion Aji Imbut, serta Persiba Balikpapan sebagai tuan rumah di Kota Balikpapan. Adapun peserta dari Kalimantan Timur sendiri terdapat empat klub. Selain tiga tuan rumah diatas, ada Tim PON Kalimantan Timur, yang merupakan  satu-satunya klub amatir dalam turnamen yang memperebutkan hadiah lebih dari Rp 3 miliar itu.

Semula turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur akan menjadi ajang pramusim alias turnamen terakhir sebelum bergulirnya kompetisi Indonesia Super Competition (ISC) awal April 2016. Namun, kenyataannya Polri juga menggelar turnamen Piala Bhayangkara sepanjang Maret 2016, yang jadwalnya bersamaan dengan Piala Gubernur Kalimantan Timur.

(Visited 19 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid