Offside.co.id

Piala Haornas U-16 : Duel Sengit Dua Tim Tradisional

Selasa 6 September 2016 14:06 WIB

Offside.co.id – Meski hadir di Liga Sepakbola Pelajar U-16 Haornas di Sidoarjo atas nama provinsi masing-masing, namun yang hadir umumnya berlabel SSB atau bahkan Akademi dari klub-klub besar yang ada di nusantara. Pada babak 8 besar yang akan digelar Rabu (7/9) besok misalnya, dua tim mantan perserikatan lama yakni Persebaya akan bertemu PSP Padang, mewakili Jatim dan Sumbar.

Tak heran bila aroma persaingan antar perserikatan lama menyeruak dalam pertandingan ini. Jatim sebagai tuan rumah dipastikan akan didukung banyak penonton. Sementara Sumbar dengan label Minang-nya, diperkirakan juga akan disupport oleh perantau Minang yang ada di sana. Siapakah yang akan memenangkan laga ini?

Babak 8 Besar LSP Haornas U-16 di Sidoarjo memang mempertemukan delapan tim yang terdiri dari empat tim di pulau Jawa dan empat dari luar Jawa. Menariknya, aduan kejuaraan itu dari hasil Manajer Meeting kemarin justru mempertemukan tim pulau Jawa dengan tim di luar pulau Jawa. Selain partai Jatim lawan Sumbar, tiga partai lain adalah Kaltara vs Jateng, Sulut vs Jabar dan DKI vs Sulsel.

BACA JUGA :   Kolarov Antar Kemenangan Serbia

Akademi PSP Padang, wakil Sumbar yang hadir ke Sidoarjo, ternyata juga tidak sekadar datang. Tim yang diarsiteki Rifki Firdaus “Buya” mantan pemain Semen Padang dan PSDS Deli Serdang itu lolos ke Babak Delapan Besar setelah dalam babak penyisihan di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro menang dengan angka-angka yang luar biasa.

Sumbar yang berada di grup E secara perkasa melumat Kalteng 7-0 dan Gorontalo 5-0. Dalam pertandingan terakhir yang tidak menentukan, Sumbar yang turun dengan semua pemain cadangan, berbagi hasil imbang 0-0 melawan Kalsel.

Sumbar akhirnya menjadi juara grup, sedang Kalsel menjadi runner up. Di babak 16 Besar yang menggunakan sistem gugur, Sumbar bertemu dengan runner up grup A Kepri dan berhasil menang 5-0. Namun Kalsel kalah 1-2 dari juara gru A, Kaltara.

Direktur Akademi PSP, Agus Suardi Bin bersama Sekretaris Tim Robbi Malvinas mengakui bersyukur atas keberhasilan anak-anak asuhannya. “Alhamdulillah target awal lolos ke Babak 8 Besar sebagaimana yang diminta Bapak Ketua Umum saat melepas keberangkatan kita telah tercapai. Target berikutnya tentu saja kita akan berusaha menjadi yang terbaik di kejuaaan tahun ini,” ujar Abien panggilan akrab Agus Suardi Bin.

BACA JUGA :   Jerman Tumbang Setelah 36 Tahun

Menghadapi Babak 8 Besar, Abien meminta agar seluruh pemain tetap disiplin dan juga harus siap fisik ataupun teknik. “Karena selanjutnya lawan yang akan dihadapi pasti lebih berat lagi karena tim yang lolos secara kualitas sudah tersaring di babak penyisihan,” tambah Abien.

Sementara itu, Sekretaris Tim Akademi PSP Robi Malvinas melihat keberhasilan timnya boleh jadi adalah juga wujud dari doa Ketua Umum PSP Padang H. Mahyeldi Ansyarullah yang Minggu (4/9) lalu berangkat ke Mekkah menunaikan ibadah haji. Menariknya naik hajinya Mahyeldi adalah karena undangan dari Raja Saudi Arabia. Mahyeldi sendiri saat ini memang mendapat rahmat berlimpah. Pria yang juga Ketua Umum PSP Padang itu baru-baru ini juga diminta jadi Imam di salah satu mesjid di Oslo, Norwegia itu. NS

(Visited 764 times, 4 visits today)
Editor: Hanif Marjuni