Offside.co.id

Piala Presiden 2017: Dari Rp Rp225 juta Hingga Rp 4 Miliar

Rabu 1 Februari 2017 10:31 WIB

Offside.co.id – Piala Presiden 2017 akan resmi dibukan pada 7 Februari 2017. Tercatat, 20 tim akan hadir di turnamen pra musim jelang kompetisi 2017 tersebut. Lantas, berapa sejatinya pendapatkan yang didapatkan klub ketika hadir di turnamen tersebut?

Jika parameternya keuntungan finansial yang didapatkan kontestan, boleh jadi setiap klub akan merugi. Bukannya apa-apa, turnamen ini belum bisa menjanjikan kontribusi yang maksimal bagi setiap kontestan.

Kecuali, bagi klub yang bisa lolos sampai dengan semifinal. Bisa jadi, biaya operasional mereka ‘balik modal’ alias tak merugi. Khusus yang juara, besar kemungkinan akan mengantongi pemasukan besar. Minimal bisa untuk biaya persiapan pra musim.

Logikanya begini. Seperti yang diutarakan Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2017, Iwan Budianto tersedia match fee Rp 200 juta dari setiap pertandingan penyisihan grup. Jumlah itu, akan dibagi Rp 125 juta untuk pemenang. “Sedangkan Rp 75 juta untuk tim yang kalah kalah, dan kalau imbang, masing-masing tim mendapat Rp 100 juta,” kata Iwan.

Itu artinya, bagi tim yang selalu kalah di babak penyisihan grup saja, minimal mereka akan pulang dengan mengantongi hadiah senilai Rp 225 juta. Sebaliknya bagi tim yang selalu menang di babak penyisihan grup. Minimal mereka sudah mendapatkan Rp325 juta.

Jumlah itu akan bertambah untuk tim yang berlaga di babak delapan besar. Diperkirakan match fee di babak ini, nominalnya akan meningkat ketimbang babak penyisihan grup. Belum lagi, jika mencapai babak final. Hitung-hitungan kasar, setiap klub yang mencapai babak final, sudah mengantongi hadiah yang mendekati Rp 1 miliar.

Jika juara, dipastikan klub yang bersangkutan akan mengantongi modal awal yang cukup untuk mengarungi kompetisi musim depan. Sebagai ilustrasi, juara turnamen Piala Presiden akan mengantongi hadiah Rp 3 miliar. Sementara runner-up akan mendapatkan Rp 1miliar dan peringkat ketiga Rp 500 juta. Itu artinya, tim juara bisa mendapatkan hadiah yang mendekati Rp 4 miliar!

Sementara itu, khusus untuk  PSS Sleman, Arema FC, Persib Bandung, Bali United dan Madura United akan mendapatkan bantuan dari dari operator turnamen senilai Rp800 juta. Ini tidak bisa dihitung sebagai uang hadiah. Melainkan biaya itu untuk menanggung akomodasi tim-tim tamu yang akan berlaga di turnamen pramusim tersebut. Maklum, ketima tim tersebut dipercaya sebagai tuan rumah babak penyisihan grup. (HM)

(Visited 225 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni