Offside.co.id

Pria Ini Kumpulkan Lebih Dari 25 Jersey Persib

Kamis 2 Maret 2017 17:54 WIB

Offside.co.id – Kreatifitas dan percaya diri adalah syarat yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi kolektor jersey klub sepak bola.  Sebab, untuk mendapatkannya, apalagi jersey pesepak bola terkenal memang tak mudah.

Menggeluti hobi sebagai kolektor jersey khususnya liga Indonesia cukup menantang, seperti yang diutarakan oleh pria asal Jawa Tengah, Joko Kristanto. Ia hobi mengumpulkan jersey yang sudah ia geluti sejak 1997 silam.

”Kalau kolektor jersey tim dari luar cukup banyak, tapi untuk liga Indonesia sedikit. Saya juga kurang tahu kenapa seperti itu,” terangnya kepada Offside.co.id.

Meskipun bukan asli orang Sunda atau Bandung, kecintaannya pada Persib tak perlu diragukan lagi. Buktinya, puluhan jersey Persib sudah ia kumpulkan.

Menurut Joko, lebih dari 25 jersey Persib ia kandangkan di rumahnya, tepatnya di jalan Hegarmanah, Bandung.

“Saya mulai kumpulkan baju Persib dari tahun 2008, saat jamannya mas Hariono ke Persib. Alhamdulillah, saya kadang mendapatkan langsung dari pemain, seperti Boy jati Asmara, Edi Hafid dan pemain lainnya,” ucap pria kelahiran 21 Agustus 1979 ini.

“Saya cukup prihatin juga sih, kalau sejarah foto, sejarah dokumentasi itu cukup banyak. Tapi kalau sejarah Jersey rasanya kurang,” imbuhnya.

Joko menerangkan, kolektor jersey di Kota Bandung seperti dirinya telah memiliki komunitas tersendiri, yaitu komunitas kolektor jersey Bandung.

”Kita punya komunitas namanya komunitas jersey Bandung. Setiap hari Sabtu, kita kumpul dan main bola di lapangan Progresif,” ujarnya. (RN)

(Visited 420 times, 3 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid