Offside.co.id

PSIS Promosi Liga 1, Begini Perjalanannya!

Rabu 29 November 2017 03:24 WIB

Offside.co.id – PSIS Semarang menjadi tim ketiga dan terakhir yang lolos sekaligus promosi ke Liga 1 setelah mendepak Martapura FC 6-4 dalam laga perebutan tempat ketiga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Selasa (28/11). PSIS pun mengikuti jejak Persebaya Surabaya dan PSMS Medan yang sudah memastikan diri lebih awal.

Hujan gol mewarnai laga hidup mati bagi kedua tim untuk memanfaatkan peluang terakhir promosi. Tercipta sepuluh gol dengan masing-masing PSIS menciptakan 6 gol, Martapura 4 gol. Bukan itu saja, laga sengit ini juga harus diselesaikan dalam waktu 120 menit setelah kedua tim bermain imbang 4-4 sepanjang 90 menit.

Enam menit laga berlangsung PSIS langsung menekan. Hari Nur Yulianto membuka keunggulan 1-0 untuk “Mahesa Jenar”. Namun, Martapura langsung membalasnya pada menit ke-8 lewat tendangan Rifan Nahumarury.

Di menit ke-35 Martapura berbalik unggul melalui serangan balik cepat. Rifan kembali mencetak gol, 2-1 untuk Martapura.

PSIS yang tertinggal membalasnya hanya dalam waktu delapan menit. Di menit ke-43 giliran Aldaier Makatindu menceploskan bola ke gawang Ali Budi Raharjo. Skor 2-2 bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA :   Smalling: MU Belum Menyerah Kejar City!

Babak kedua baru berjalan, Martapura langsung menciptakan gol di menit 46 melalui Reza Saputra. PSIS kemudian membalas lewat Hadi Nur Yulianto di menit 59. Skor imbang 3-3.

Selanjutnya Aidil Bogel mengubah kedudukan 4-3 untuk Martapura di menit 80. PSIS membalas di menit 85 untuk menyamakan kedudukan 4-4 lewat hattrick Hadi Nur.

Babak tambahan waktu menjadi milik PSIS. Dua gol tambahan berhasil dilesatkan pasukan Subangkit lewat Andrid Wibawa menit 97 dan menit 110.

Perjalanan PSIS menuju Liga 1:

PSIS tampil sebagai juara Grup 4 yang berisikan Persis Solo, PSIR Rembang, Persipur Purwodadi, Sragen FC, PPM Sakti Magelang, Persipon Pontianak, Persiba Bantul. PSIS tampil sebagai juara grup.

Babak 16 Besar PSIS berada di Grup B bersama PSMS Medan, Persibat Batang, Persita Tangerang. PSIS tampil sebagai juara grup.

BACA JUGA :   Dijamu Chiangrai, Bali United Optimistis

Babak 16 Besar, PSIS mendatangkan lima pemain: Ali Khomeidi (Persekap), Fajar Setya Jaya (Kiper PON Jateng), dan Nanang Wahyudi, Adit Wafa (Persijap), Sholihul Islam (Persibas) .

PSIS Semarang merupakan tim yang memiliki poin terbanyak:  35 poin dari 14 laga.

Bersama PSS, PSIS menjadi tim yang paling banyak menang (11 kemenangan dalam 14 laga)

Dari 24 laga yang sudah dimainkan PSIS hanya kalah dari tiga tim, dua kali dari PSMS di semifinal dan 16 Besar, Persebaya di babak 8 Besar, dan Persis Solo di penyisihan grup.

PSIS 24 laga, 16 menang, 4 imbang, 4 tumbang. Memasukkan 42 gol, kemasukan 15. Poin 52.

PSIS Juara Perserikatan 1987 dan Liga Indonesia 1997/1998. Terakhir kali tampil di level tertinggi kompetisi pada musim 2008/2009. (ARDI/KS)

(Visited 94 times, 13 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo