Offside.co.id

PSSI, Sekali Lagi, Jangan Salah Langkah

Senin 22 Mei 2017 06:00 WIB

Offside.co.id – MASIH soal posisi Sekretaris Jendral PSSI, atas nama transparansi, PSSI membuka pintu sangat lebar untuk mengisinya. Tiga puluh orang dengan beragam latar belakang melamarnya. Pekan ini Ketua Umum dan para eksekutif komite akan merapatkan dan memilihnya.

Sebagai organisasi tertua dan terbesar, langkah keterbukaan yang dilakukan PSSI patut kita apresiasi. Tapi, untuk mencari orang yang tepat sebagai motor organiasi, saya justru mengkritisinya. Jabatan sekjen di PSSI adalah jantung organisasi, jadi sesungguhnya tidak perlu dibuka ke publik.

PSSI memang pernah keliru melangkah saat menunjuk sekjen yang lalu, tapi bukan berarti PSSI membuka kesempatan seluas-luasnya ke publik sekarang. Apalagi kabarnya PSSI ingin melakukan “fit and propertest” bagi para pelamar. Terbayang atau tidak jika ternyata yang dinyatakan lolos adalah sosok yang tidak memiliki pengalaman dan tidak memiliki jaringan baik di dunia sepakbola?

BACA JUGA :   Bungkam Dortmund, Stuttgart Perpanjang Rekor

Jabatan Sekjen di tubuh PSSI sesungguhnya adalah jabatan yang sangat spesifik. Sungguh tidak sembarang orang bisa mendudukinya. Artinya, PSSI tidak perlu repot-repot untuk mencarinya.

Atau, jika PSSI tetap ingin transparan untuk menjaga akuntabilitasnya, PSSI cukup memanggil orang-orang yang cukup memiliki pengalaman, di sini PSSI boleh mengundang wartawan sebagai pembanding yang netral. Dari sana akan muncul nama-nama yang tepat. Dengan cara itu, saya yakin PSSI tidak akan keliru lagi.

BACA JUGA :   Ini Dia Bek West Ham Incaran Milan!

Terus terang, dari 30 nama pelamar, saya hanya melihat satu sosok yang pas untuk menduduki pos sekjen. Sosok ini perah menjadi sekjen KOI, pernah pula menjadi wasekjen KONI. Dengan pengalamannya, maka sosok ini tidak perlu lagi belajar atau diajari cara kerja keolahragaan. Para pengurus PSSI yang mengemban tugas sebagai ujung tombak revolusi sepakbola dari Jokowi, bisa langsung berlari.

Untuk itu, saya berharap agar PSSI tidak salah lagi dalam melangkah.

(Visited 63 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo